Karya Terpilih Workshop Penyusunan Infografis BI 1

SEKOLAH Jurnalisme Media Indonesia (SJMI) kembali dipercaya Departemen Komunikasi Bank Indonesia untuk menyelenggarakan Workshop Penyusunan Infografis.

Selama dua hari, 14-15 Juli 2021, 20 orang peserta dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia mengikuti pelatihan secara daring menggunakan aplikasi zoom. 

Dalam pengantar workshop, Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan, mengharapkan para peserta selain mampu memahami kebijakan Bank Sentral, juga mampu menuangkan menjadi grafik yang menarik. 

Workshop hari pertama berisi materi teori dan simulasi. Narasumber pertama, Gurit Adi Suryo, Redaktur Litbang Media Indonesia memberikan paparan tentang  mencari dan mengolah data untuk ditampilkan dalam infografis. Dilanjutkan oleh Budi Setyo Widodo, Redaktur Definisistik Media Indonesia yang membawakan materi etika dan estetika infografis.  

Cek Artikel:  Negara dengan Populasi Umat Buddha Terbanyak di Asia

Narasumber dari Bank Indonesia, Fyman dan Mirza mengisi sesi ketiga tentang Pemahaman infografis standar Bank Indonesia. Materi teori hari pertama ditutup dengan cara membuat infografis menggunakan Powerpoint yang dibawakan oleh Andreas M Zay, Head of Kokarmindo. 

Di hari kedua, peserta mendapatkan tugas untuk mengolah data menjadi infografis tentang penanganan covid 19 di lingkungan Bank Indonesia. Karya peserta dievaluasi oleh narasumber dan peserta workshop lainnya. 

Dari karya yang terkumpul setelah melewati tahapan seleksi dan penilaian sehingga ada 3 karya terpilih dari peserta Workshop Penyusunan Infografis.

Karya Vania Putri Pramuditha, Satker KPw BI Prov Sulawesi Utara, ini merupakan infografis terpilih pertama.

Mungkin Anda Menyukai