Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG Berawan Hingga Hujan

Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG : Berawan Hingga Hujan
Ilustrasi.(dok.MI)

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca hari ini (23/9) mendung, berawan hingga hujan di wilayah Indonesia. Prakirawan BMKG Rif’at Darajat menjelaskan untuk wilayah Sumatera Kota Padang diprakirakan berasap atau berkabut. Sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Pekanbaru serta Tanjung Pinang.

 

Baca juga : Prakiraan Cuaca BMKG : Hari Ini Berawan Hingga Hujan

“Bagi  masyarakat yang berada di Kota Medan dan Banda Aceh perlu waspada karena diprakirakan turun hujan maupun petir,” ujarnya dari prakiraan cuaca yang disiarkan di kanal YouTube BMKG, dikutip Senin (23/9). 

 

Sementara di Kota Lampung  diprakirakan berawan, Kota Jambi diprakirakan berawan tebal. Lewat hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Bengkulu, Palembang serta Pangkal Pinang.

Cek Artikel:  Peruri Lakukan Pemulihan agar Layanan e-meterai Kembali Kebiasaanl

Baca juga : Cuaca Indonesia Diprakirakan Berawan dan Hujan

 

Demi Nusa Jawa, ujarnya, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di Kota Surabaya, Semarang serta Yogyakarta. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan, diprakirakan terjadi di Kota Serang serta Jakarta.

 

Baca juga : Prakiraan Cuaca Indonesia pada 23 September 2024 Menurut BMKG

“Perlu diwaspadai bagi masyarakat yang berada di Kota Bandung diprakirakan akan turun hujan disertai kilat maupun petir,” paparnya. 

 

Sementara untuk prakiraan di Nusa Bali serta Nusa Tenggara, cuaca berawan tebal diprediksi terjadi di Kota Mataram serta Kupang. Demi Kota Denpasar, Bali diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan

Baca juga : Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini: 23 Kawasan di Indonesia Berpotensi Hujan

Cek Artikel:  Undip Minta Ampun atas Kasus Perundungan PPDS, DPR Perbaiki Pendidikan Dokter

 

Lewat wilayah Kalimantan, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Kota Banjarmasin serta Kota Pontianak diwaspadai adanya petir. Di Kota Tanjungselor, Samarinda serta Palangkaraya karena diprakirakan hujan disertai kilat maupun petir. 

 

Demi Sulawesi, cuaca berkabut diprakirakan terjadi di Kota Kendari dan cuaca berawan terjadi di Kota Manado, berawan tebal di Kota Gorontalo dan hujan dengan intensitas ringan di Kota Makassar, hujan dengan intensitas sedang di Kota Mamuju. 

 

“Bagi yang  berada di Kota Palu diwaspadai turunnya hujan disertai kilat maupun petir,” ucapnya. 

 

 

Kawasan Indonesia bagian Timur, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Kota Ambon dan cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di Kota Ternate, sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Jayapura, Kota Sorong, Manokwari, Nabire. Lewat, Jaya Wijaya serta Merauke diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang.

Cek Artikel:  11 Hewan Paling Istimewa dan Mengerikan di Hutan Amazon

 

Rif’at menjelaskan bahwa informasi merupakan yang disampaikan merupakan gambaran secara umum di masing-masing wilayah. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi secara khusus yang diperbaharui setiap  tiga jam di semua wilayah, dapat memantau informasi di aplikasi BMKG  yang dapat diunduh melalui Appstore ataupun Playstore.  (H-3)

 

Mungkin Anda Menyukai