Studi Temukan Rekanan Menarik antara Musik dan Rasa Makanan

Studi Temukan Hubungan Menarik antara Musik dan Rasa Makanan
Ilustrasi(Freepik)

SEBUAH studi baru menemukan hubungan menarik antara rasa makanan dan musik, yang dipresentasikan dalam penelitian berjudul “The Neural Correlates of Food Preference among Music Kinds” (Jing et al., 2024).

Penelitian itu menunjukkan bahwa pilihan kalori dan rasa makanan berhubungan dengan lingkungan eksternal, termasuk musik. 

Sebagian besar penelitian sebelumnya berfokus pada manipulasi parameter pendengaran dasar, dengan sedikit perhatian pada dampak kompleks dari parameter musik terhadap pemilihan makanan.

Baca juga : Gofood Gandeng Maliq & D’Essentials Hadirkan Surganya Makanan

Dalam studi tersebut, peneliti mengeksplorasi efek berbagai jenis musik (klasik, rock, jazz, dan hip-hop). Hasil analisis menunjukkan bahwa musik klasik mendapatkan skor tertinggi untuk makanan manis, dan tidak ada perbedaan yang signifikan di antara jenis musik untuk makanan asin. 

Cek Artikel:  Menjajal Sup Buntut Pilihan Wapres dan Nasi Goreng Lauk Komplet

Di samping itu, hasil riset dari tim Gojek ini menyoroti bagaimana musik dapat memengaruhi preferensi makan. 

Menurut Head of Marketing Food & Ads Gojek, Ignatius Satrio, “Berdasarkan riset yang dilakukan tim Gojek dan di luar sana, ada beberapa hal menarik. Kepada orang-orang yang suka musik klasik dan hip-hop, ternyata ada kecenderungan bahwa mereka suka dengan rasa yang manis.”

Baca juga : Industri Musik di Kota Aceh Semakin Berkembang

Di sisi lain, penggemar musik rock cenderung lebih menyukai rasa asin, menunjukkan pola berbeda dalam preferensi rasa berdasarkan genre musik. 

Kecenderungan ini juga mencerminkan bahwa kedalaman emosional berperan dalam menikmati musik dan makanan. 

Cek Artikel:  11 Rekomendasi Matangan Favorit di Bandung yang Wajib Dicoba

Penggemar musik jazz tidak menunjukkan preferensi yang kuat terhadap rasa asin, namun mereka merasakan kenikmatan emosional yang lebih tinggi saat makan. Hal ini menekankan pentingnya pengalaman kuliner yang didukung oleh musik yang tepat. (NCBI/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai