Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal disumpah WNI di KBRI

Ketua Lumrah PSSI Erick Thohir (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas bersua di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Kamis (19/9/2024), untuk membicarakan beberapa hal termasuk naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. (ANTARA/HO-PSSI)

PSSI targetkan keduanya bisa bermain pada laga melawan Bahrain

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal disumpah WNI di KBRI

Sepakbola   
Nandang Karyadi   
Rabu, 25 September 2024 – 12:44 WIB

Liputanindo.id – Dua calon pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal segera menjalani pengambilan sumpah WNI sekaligus resmi mendapatkan paspor Indonesia. Sempat terkendala karena jadwal liga belanda di klubnya, keduanya direncanakan akan disumpah WNI di Keduataan Besar Republik Indonesia di Den Haag pada akhir September ini atau awal Oktober nanti. Member Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga menjelaskan, proses peralihan kewarganegaraan kedua pemain berdarah Indonesia Belanda itu terganjal dengan jadwal di klubnya sehingga tak memiliki waktu untuk terbang ke Indonesia pasca proses administrasi yang telah dilewati. 

Cek Artikel:  DPR RI remi setujui naturalisasi Eliano Reijnders-Mees Hilgers

Arya menjelaskan, dengan kondisi itu, PSSI meminta bantuan dari Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Luar Negeri terkait proses sumpah WNI yang menjadi salah satu syarat utama peralihan kewarganegaraan menjadi WNI. Menurutnya, proses kali ini sedikit berbeda sedikit dipercepat karena kedua pemain ditargetkan bisa memperkuat Timnas menghadapi laga kontra Bahrain pada pertandingan ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga 10 Oktober 2024 mendatang.

“Ya, KBRI kita di Belanda kan wilayah hukum Indonesia, artinya di kantor KBRI menggunakan hukum di Indonesia sehingga sumpah WNI juga bisa dilakukan di KBRI,” tegas Arya Sinulingga saat wawancara di Radio Elshinta

Arya menambahkan, proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah hampir rampung setelah memenuhi seluruh syarat serta mendapatkan persetujuan oleh DPR RI. Setelah resmi berstatus WNI, Mees dan Eliano kemudian bakal menjalani proses peralihan federasi dan bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Cek Artikel:  PSSI Ingin Mees dan Eliano Dapat Dimainkan saat Timnas Musuh Bahrain & China - Liputanindo.id

Mees Hilgers adalah pemain berdarah Indonesia-Belanda berusia 23 tahun dan bermain di FC Twente, klub papan atas Eradivisie atau liga belanda. Pemeran berposisi sebagai Gelandang tersebut memiliki nilai transfer Rp 121,6 Milyar. Sementara itu, Eliano Reijnders memailiki darah Indonesia dari sang ibu. Adik dari pemain Timnas Belanda Tijani Reijnders tersebut bermain untuk klub PEC Zwolle dan berposisi sebagai gelandang. (asr/nak)

Sumber : Radio Elshinta

Mungkin Anda Menyukai