8 Penyebab Motor Bebek Brebet, Berikut Metode Mengatasinya

8 Penyebab Motor Bebek Brebet, Berikut Cara Mengatasinya
Berikut Penyebab Motor Bebek Brebet(freepik)

MOTOR bebek adalah jenis sepeda motor yang Mempunyai desain khas dengan transmisi semi Mekanis, rangka tengah terbuka, serta posisi duduk dan pijakan kaki yang nyaman Kepada penggunaan sehari-hari.

Di Indonesia, motor ini juga dikenal dengan istilah underbone karena bentuk rangkanya.

1. Karburator Kotor atau Tersumbat

  • Karburator yang kotor menyebabkan Aliran bahan bakar dan udara ke mesin terganggu, sehingga pembakaran Kagak sempurna dan mesin brebet.
  • Solusi: Bersihkan karburator secara rutin, terutama Apabila motor sudah Pelan Kagak diservis.

2. Filter Udara Kotor

  • Filter udara yang kotor Membikin suplai udara ke ruang bakar jadi Kagak optimal. Akibatnya, campuran bahan bakar dan udara jadi terlalu boros bensin atau terlalu miskin.
  • Solusi: Bersihkan atau ganti filter udara setiap 5.000 Tamat 10.000 km.

3. Busi Rusak atau Kotor

  • Busi yang aus atau berkerak akan sulit memercikkan api dengan Berkualitas, sehingga pembakaran terganggu dan mesin jadi brebet, susah hidup, atau ngempos.
  • Solusi: Cek dan ganti busi setiap 8.000 Tamat 10.000 km atau sesuai rekomendasi pabrikan.

4. Pengaturan Angin dan Bahan Bakar Kagak Seimbang

  • Apabila setelan sekrup angin dan bensin pada karburator Kagak sesuai, maka campuran bahan bakar Pandai terlalu kaya atau miskin, menyebabkan mesin brebet Ketika digas.
  • Solusi: Lakukan penyetelan ulang di bengkel atau sesuaikan sendiri Apabila paham.

5. Tangki atau Selang Bahan Bakar Tersumbat

  • Kotoran dalam tangki atau selang Pandai menghambat suplai bensin ke karburator, yang menyebabkan mesin tersendat-sendat atau brebet Ketika putaran tinggi.
  • Solusi: Bersihkan tangki dan ganti selang Apabila sudah getas atau bocor.

6. CDI atau Koil Lemah

  • Komponen pengapian seperti CDI atau koil pengapian yang mulai rusak dapat menyebabkan percikan api lemah, Membikin mesin tersendat.
  • Solusi: Cek kondisi CDI dan koil Apabila sudah Pelan digunakan atau timbul gejala kelistrikan Kagak Kukuh.

7. Klep Kotor atau Kagak Rapat

  • Klep yang kotor atau Kagak rapat dapat menyebabkan kebocoran kompresi, sehingga mesin Kagak bertenaga dan brebet Ketika gas ditarik.
  • Solusi: Periksa dan lakukan setel klep di bengkel.

8. Karena Bahan Bakar Kagak Berkualitas

  • Menggunakan bensin yang Kagak sesuai oktan atau tercampur air Pandai Membikin pembakaran terganggu dan menimbulkan gejala brebet.
  • Solusi: Gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan biasanya minimal RON 90 atau 92.

Motor bebek memang irit bensin dan mudah serta murah perawatannya, Tetapi kurang cocok Kepada kecepatan tinggi dibanding motor sport dan Mempunyai kapasitas bagasi lebih kecil. (Z-4)

Cek Artikel:  Dua Bus Mewah Asa Jaya di GIIAS

Mungkin Anda Menyukai