9 Langkah Merawat Rambut Panjang untuk Perempuan

9 Cara Merawat Rambut Panjang untuk Perempuan
Ilustrasi, berikut cara merawat rambut panjang(freepik)

MEMILIKI rambut panjang tentunya harus dilakukan perawatan dan perhatian khusus. Bagi perempuan rambut panjang adalah sebuah mahkota yang sangat berharga.

Dengan rambut panjang kecantikan dan aura yang dikeluarkan bisa lebih bertambah. Bahkan dengan rambut panjang banyak orang yang menjadi lebih percaya diri.

Tetapi untuk merawat rambut panjang ini ternyata tidaklah sulit. Bahkan kalian bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus ke salon.

Baca juga : 5 Langkah Mewarat Vagina agar Tetap Sehat dan Rapi

Merawat rambut panjang pastinya membutuhkan perhatian ekstra dibanding rambut pendek, namun utnuk cara merawatnya tidak berbeda jauh.

Berikut 9 Langkah Merawat Rambut Panjang

1. Sisir Rambut

Langkah yang pertama adalah menyisir sesuai dengan gaya rambut kalian saat ini. Rambut panjang memang terlihat sangat cantik bila rapih.

Jangan pernah kalian sisir rambut dalam kondisi basah. Hal itu bisa membuat rambut patah dan dan rontok, bahkan bisa membuat rambut menjadi tidak sehat.

Baca juga : 5 Langkah Merawat Tubuh agar Tetap Langsing dan Ideal bagi Perempuan

Cek Artikel:  Tips Atasi Gas dan Kembung Pascabersalin,

2. Hindari Panas

Lampau selanjutnya hindarilah rambut terkena panas. Panas yang dimaksud seperti sinart matahari langsung bahkan penggunaan hair dryer sekalipun.

Suhu panas yang terpapar ke rambut bisa membuat kering dan kusam, bahkan rambut kalian juga menjadi kusut hingga sulit untuk disisir.

3. Potong Ujung Rambut

Selanjutnya adalah rajin memotong bagian ujung rambut. Kalian bisa memotongnya sendiri atau ke salon. Rambut ini biasanya akan tumbuh ujungnya sedikit demi sedikit.

Baca juga : Catat! Ini Langkah Merawat Organ Intim Perempuan yang Cocok agar Tetap Sehat

Bahkan, pada rambut yang kurang sehat akan tumbuh cabang rambut lainnya pada bagian ujung. Maka dari itu kalian perlu memperhatikan hal tersebut khususnya yang memiliki rambut panjang.

4. Mengenakan Shampo

Langkah yang keempat adalah menggunakan shampo dan conditioner. Gunakanlah shampu khusus untuk perawatan rambut panjang kalian. Kebiasaanlnya masalah pada rambut panjang adalah rontok.

Maka gunakanlah shampo anti rontok. Bahkan jika rambut kallian berketombe pakailah shampo yang anti ketombe tersebut. Buat memilihnya kalian bisa melihatnya pada bagian botol shampo.

Cek Artikel:  Jelita Ini Tips Bantu Mencegah dan Mengatasi Kondisi Darurat saat Berkendara

Baca juga : Penyebab Rambut Rontok, Begini Langkah Merawat yang Cocok agar Sehat dan Kuat

5. Beri Vitamin Rambut

Lampau selanjutnya adalah memberi vitamin rambut. Gunakanlah vitamin rambut ini setelah mandi atau keramas. Vitamin bisa memberikan nutrisi yang banyak untuk rambut kalian.

Dengan menggunakannya makan rambut panjang kalian akan menjadi lebih kuat dan hitam. Rambut juga akan terlihat lebih tebal dan sehat. Mengenakanlah vitamin ini secara rutin setiap hari.

6. Jangan Sering Keramas

Selanjutnya adalah jangan sering keramas. Terlalu sering keramas bukan membuat rambut kalian sehat. Tetapi bisa membuat rambut panjang menjadi rontok dan rapuh.

Hal itu dikarenakan rambut terus menerus terkena shampo dan air. Akibatnya rambut kalian akan menjadi tipis dan lemas. Maka dari itu untuk rambut panjang cukuplah keramas satu kali dalam sehari atau dua hari.

7. Keringkan Rambut

Langkah yang ketujuh adalah keringkan rambut. Jangan sampai kalian melakukan aktivitas dalam kondisi rambut basah. Selain rambut tidak menjadi sehat, juga akan rontok.

Cek Artikel:  Bayi Harus Mengenakan Sarung Tangan dan Kaki Ini Penjelasannya

Maka dari itu pastikan rambut panjang kalian sudah kering dengan cepat, keringkanlah dengan cara dianginkan saja dan jangan dijemur atau terkena panas.

8. Jangan Sering Diikat

Selanjutnya adalah jangan sering diikat. Perempuan yang memiliki rambut panjang pastinya tidak betah dan gerah jika tidak diikat. Tetap hal tersebut bisa membuat rambut kalian rusak.

Rambut akan menjadi mudah rontok dan putus. Karena akar rambut akan tertarik saat diikat. Rontoknya ini biasanya terjadi saat kalian melepas ikatannya.

9. Jangan Sering Ditutup

Langkah yang terakhir adalah jangan banyak ditutup. Apabila perempuan yang menggunakan hijab usahakan pakai bahan kerudung yang nyaman dan lembut. Selain itu jangan juga menggunakan topi.

Rambut yang terlalu sering ditutup akan menjadi rontok. Bahkan menggunakan helm seharian pun bisa membuat rambut rontok.

Dari sembilan cara merawat rambut panjang di atas, baiknya kalian lakukan mulai dari sekarang. Langkah-cara tersebut bisa dilakukan sendiri di rumah. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai