Ilmuwan Temukan Kemungkinan Mimas si Death Star Mempunyai Air

Ilmuwan Temukan Kemungkinan Mimas si Death Star Memiliki Air
(Kiri) Eksentrisitas orbit sekitar 0 yang mewakili orbit melingkar. (Kanan) Orbit dengan eksentrisitas sekitar 0,5 merupakan elips.(Dok: Robert Lea/NASA / JPL-Caltech / Space Science Institute)

AWAL tahun ini, ilmuwan menemukan kemungkinan bulan kecil Saturnus, Mimas, memiliki air yang tersembunyi di bawah lapisan esnya. Penemuan tak terduga ini menjadikan Mimas, dengan bola es selebar 250 mil, sebagai anggota terbaru dari klub eksklusif, bergabung dengan Titan dan Enceladus milik Saturnus, serta Europa dan Ganymede milik Jupiter, sebagai bulan yang diketahui memiliki samudra bawah tanah. 

“Ini sungguh mengejutkan,” kata Valéry Lainey, seorang astronom di Observatoire de Paris di Prancis. “Apabila Anda melihat permukaan Mimas, tidak ada yang menunjukkan adanya lautan di bawah permukaan. Itu adalah kandidat yang paling tidak mungkin sejauh ini.”

Bulan kecil dengan lautan besar

Baca juga : Solusi Inovatif Untan Atasi Krisis Air dan Pakan Ternak di Ponpes An Nur Al Mubin

Mimas merupakan salah satu bulan Saturnus yang lain. Saturnus sendiri memiliki 82 bulan yang diketahui. Sebanyak 53 satelit di antaranya telah diberi nama. 

Mimas dikenal sebagai “Death Star” karena kawah Herschel, yang menjadikan bulan ini tampak mirip dengan stasiun luar angkasa seukuran bulan dari Empire dalam Star Wars. Bentuk kawah yang luas ini terbentuk akibat benturan yang terjadi sekitar 4,1 miliar tahun yang lalu.

Cek Artikel:  Star Wars Jedi Survivor Dikabarkan Segera Rilis di PS4 dan Xbox One

Dengan diameter sekitar 148 mil (400 kilometer), Mimas tergolong kecil jika dibandingkan dengan bulan Bumi yang berdiameter 2.159 mil (3.475 kilometer).

Baca juga : Bumi Diperkirakan Mempunyai Cincin Seperti Saturnus 466 Juta Mengertin Lampau

Diperkirakan, lautan Mimas terletak sekitar 12 hingga 18 mil (20 hingga 30 kilometer) di bawah permukaan es bulan Saturnus ini. Hidrosfer luar Mimas, yang terdiri dari es dan air, memiliki kedalaman sekitar 43 mil (70 kilometer), sementara lautan diperkirakan memiliki kedalaman 25 hingga 28 mil (40 hingga 45 kilometer), yang berarti lautan ini bisa mencakup hingga setengah dari total volume Mimas.

Penelitian terbaru mengungkapkan proses baru yang mungkin menciptakan lautan bawah permukaan, dikenal sebagai pemanasan pasang surut. Proses ini terjadi ketika sebuah objek seperti bulan mengalami distorsi atau regangan akibat perubahan gaya gravitasi saat bergerak dalam orbit elips.

“Eksentrisitas mendorong pemanasan pasang surut. Ketika ini, suhunya sangat tinggi dibandingkan dengan bulan samudra aktif lainnya, seperti Enceladus,” kata pemimpin tim dan Ilmuwan Senior Planetary Science Institute Matthew E. Walker dalam pernyataan yang dikutip dari space.com, Rabu (24/9). 

Cek Artikel:  Mungkinkah Badai Mentari Menghancurkan Bumi Ini Jawaban Ilmiahnya

Baca juga : Blokade Air di Gaza Disebut Apartheid

“Kami pikir pemanasan pasang surut adalah sumber panas yang bertanggung jawab untuk menipiskan cangkang saat ini.”

Walker juga menambahkan pemanasan pasang surut bukanlah sumber energi gratis; saat mencairkan cangkang Mimas, proses ini menarik energi dari orbit bulan di sekitar Saturnus. Hal ini dapat mengurangi eksentrisitas orbit Mimas hingga bentuknya menjadi lingkaran, menghentikan seluruh proses untuk selamanya.

Eksentrisitas orbital diukur dari 0 hingga 1, di mana 0 adalah lingkaran sempurna dan 1 adalah parabola. Tim penelirin memperkirakan pencairan es dimulai saat eksentrisitas orbital Mimas dua hingga tiga kali lipat dari nilai saat ini.

Baca juga : Kenapa Orang Terkena Rabies Takut Meminum Air?

Ini mencerminkan 10 juta tahun terakhir dari sejarah Mimas dan menunjukkan evolusi yang sejalan dengan geologi bulan Saturnus saat ini.

“Standarnya, ketika kita berpikir tentang dunia samudra, kita tidak melihat banyak kawah karena lingkungan telah memperbarui permukaan dan menghapusnya, seperti yang terlihat di Europa atau kutub selatan Enceladus,” kata Walker. “Bentuk, puncak pusat, dan bagian dalam kawah Herschel yang tidak terganggu menunjukkan bahwa cangkangnya pasti lebih tebal di masa lalu ketika Herschel terbentuk.”

Cek Artikel:  7 Langkah Dampaktif Mengatur Google Maps Agar Enggak Masuk Gang Sempit

Ia juga menambahkan untuk mendapatkan morfologi kawah yang ada di Mimas, cangkang bulan Saturnus tersebut harus setebal setidaknya 34 mil (55 kilometer) saat terbentuk akibat benturan yang menciptakan kawah Herschel.

“Kawasan dapat memberikan petunjuk tentang keberadaan lautan dan ketebalan lapisan es melalui morfologinya, seperti rasio antara diameter kawah dan kedalamannya serta keberadaan puncak pusat,” kata Walker.

Walker menambahkan untuk mencocokkan eksentrisitas orbit Mimas saat ini dan batasan ketebalan berdasarkan goyangan kecil dalam rotasinya, mereka memperkirakan bahwa seluruh proses kelahiran samudra ini dimulai tidak lebih dari sekitar 25 juta tahun yang lalu.

“Dengan kata lain, kami pikir Mimas benar-benar beku hingga 10 hingga 25 juta tahun lalu, saat lapisan esnya mulai mencair. Apa yang mengubah keadaan hingga memicu pencairan itu masih dalam penyelidikan,” Walker menyimpulkan. “Kita mungkin melihat Mimas pada waktu yang sangat menarik.” (Space/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai