Bumi Siap Menghadapi Badai Geomagnetik Pascaledakan Plasma Surya

Bumi Siap Menghadapi Badai Geomagnetik Pascaledakan Plasma Matahari
Bumi diperkirakan akan mengalami badai geomagnetik pada 25 September 2024, setelah matahari melepaskan semburan plasma besar.(NASA)

BUMI diperkirakan akan mengalami badai geomagnetik, Rabu (25/9) setelah matahari melepaskan semburan plasma besar. Probabilitas planet kita mengalami dampak dari badai geomagnetik ini mungkin lebih tinggi karena letak keluarnya ledakan solar ini terjadi bersamaan dengan ekuinoks musim gugur Bumi.

Pengeluaran massa koronal (CME) terjadi, Minggu (22/9) pukul 5:39 sore EDT (2139 UTC) ketika bintik matahari yang diberi nama AR3835 meledak secara tak terduga dengan semburan solar kelas M. Ilmuwan solar tidak mengharapkan ledakan ini karena AR3835 tampak terlalu stabil untuk meledak, menurut SpaceWeather.com.

Demi ini, semburan plasma solar ini meluncur ke arah Bumi dengan kecepatan lebih dari 650.000 mil per jam (1.046.073 kilometer per jam) dan hanya akan memberikan dampak ringan pada gelembung magnetik pelindung Bumi, yaitu magnetosfer, dengan sebagian besar plasma tersebut tidak mengenai Bumi, menurut pemodelan NASA. Dalam kondisi normal, ini tidak akan memicu badai geomagnetik, tetapi mungkin berbeda pada hari Rabu karena waktu keluarnya CME ini.

Cek Artikel:  Google Maps Punya Fitur Baru untuk Mengarahkan ke Capeksi Parkir

Baca juga : Surya Benar di Katulistiwa, Fenomena Equinox Terjadi 22 September 2024

Ketika badai geomagnetik terjadi, badai ini dapat mengganggu komunikasi dan infrastruktur listrik dan, dalam kasus ekstrem, menyebabkan pemadaman. Pada ketinggian tinggi, badai geomagnetik juga dapat menghasilkan pertunjukan cahaya yang menakjubkan yang disebut aurora.

Pusat Prediksi Cuaca Ruang NOAA mengklasifikasikan badai geomagnetik pada skala G1 hingga G5. Badai ini meningkat dalam tingkat keparahan, dengan badai geomagnetik skala G5 menjadi peristiwa paling ekstrem yang mampu menyebabkan kolaps total atau pemadaman sistem listrik dan komunikasi. Badai G1 atau G2, seperti yang mungkin terjadi pada hari Rabu, memiliki risiko kecil untuk berdampak pada infrastruktur di lintang tinggi.

Cek Artikel:  Infinix Siap Luncurkan Tablet Pertama, Infinix XPAD, di Indonesia dengan Layar Luas dan Performa Tangkas

Ekuinoks terjadi ketika sumbu rotasi Bumi sejajar dengan orbitnya mengelilingi matahari. Selama ekuinoks, Bumi tidak tampak miring terhadap matahari. Ini berarti matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa dan kedua belahan bumi mendapatkan jam siang dan malam yang sama.

Baca juga : Bumi Tak Mengorbit Surya Secara Langsung, Ini Penjelasannya Menurut NASA

Ekuinoks musim gugur 2024 terjadi pada pukul 8:44 pagi EDT (1244 GMT) pada hari Minggu, menandai hari pertama musim gugur bagi belahan bumi utara dan hari pertama musim semi bagi belahan bumi selatan.

Minggu-minggu di sekitar kedua ekuinoks Bumi menandai peningkatan frekuensi badai geomagnetik.

Ini kemungkinan disebabkan fakta saat Bumi mengorientasikan kutubnya menghadap matahari, magnetosfer dan medan magnet matahari menjadi sejajar, sedangkan sepanjang sisa tahun, keduanya cenderung tidak sejajar. Pada saat ketidaksejajaran, partikel bermuatan dari matahari, seperti CME dan angin solar, menerima sedikit pembelokan dari magnetosfer, yang berarti kita menghindari dampak penuh mereka.

Cek Artikel:  Periusahaan Teknologi Gelar Workshop dan Laptop AI Maveric Quantum

Pembelokan ini tidak terjadi selama periode di sekitar ekuinoks ketika medan magnet planet kita dan bintang kita terhubung dengan baik. Ini disebut “efek Russell-McPherron,” dan pertama kali diusulkan pada tahun 1973 untuk menjelaskan variasi musiman dalam frekuensi badai geomagnetik.

Demikian pula, Bumi mengalami sedikit badai geomagnetik sekitar bulan solstis, Desember dan Januari, dan lagi selama Juni dan Juli, ketika kutub Bumi menghadap matahari. Data yang dikumpulkan dari tahun 1932 hingga 2014 menunjukkan bahwa badai geomagnetik, rata-rata, terjadi sekitar dua kali lebih mungkin pada saat ekuinoks dibandingkan dengan saat solstis. (Space/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai