11 Penyebab Saringan Udara Motor Kotor

11 Penyebab Saringan Udara Motor Kotor
Berikut Penyebab Saringan Udara Motor Kotor(freepik)

SARINGAN udara motor adalah komponen Krusial pada sistem pembakaran mesin motor yang berfungsi Kepada menyaring udara dari debu, kotoran, dan partikel asing sebelum masuk ke ruang bakar.

Saringan udara yang Kudus Membikin pembakaran lebih efisien, sehingga konsumsi BBM lebih irit.

1. Jalanan Berdebu

Berkendara di jalan tanah, jalan rusak, atau lingkungan berdebu menyebabkan saringan Segera dipenuhi kotoran.

2. Enggak Pernah Dibersihkan

Saringan udara yang jarang dibersihkan akan menumpuk debu dan kotoran dari waktu ke waktu.

3. Musim Kemarau

Demi udara kering dan berdebu, partikel halus lebih mudah masuk ke saluran udara.

4. Kondisi Lewat Lintas Padat

Sendat berkepanjangan Membikin motor menghisap udara kotor dari kendaraan lain secara Maju-menerus.

Cek Artikel:  Test Ride Honda PCX 160 . . . Lebih smooth, bertenaga dan suspensi lebih nyaman

5. Karet Penutup Filter Rusak

Karet penutup atau seal yang aus Membikin debu mudah masuk ke saringan.

6. Saluran Udara Bocor

Kebocoran pada saluran menuju filter udara Membikin kotoran lolos tanpa tersaring sempurna.

7. Parkir di Tempat Berdebu

Sering memarkir motor di tempat terbuka yang berdebu mempercepat penumpukan kotoran di area filter.

8. Pemakaian Harian Jarak Jauh

Semakin jauh motor digunakan setiap hari, semakin banyak volume udara yang dihisap dan menyaring partikel kotor.

9. Kondisi Filter Enggak Sesuai Standar

Menggunakan filter udara kualitas rendah atau Bajakan Membikin kotoran lebih mudah menumpuk dan lolos ke ruang mesin.

10. Serangga atau Daun Kering Masuk

Kadang-kadang serangga kecil, serpihan daun, atau pasir Pandai masuk melalui celah dan menyumbat saringan.

Cek Artikel:  Sosok Pra-Produksi kawasaki Ninja EV dan Z-EV hadir di EICMA Milan 2022

11. Filter Basah atau Lembap

Kelembapan menyebabkan kotoran menempel lebih Segera dan Membikin filter menjadi lengket serta susah dibersihkan.

Baiknya, bersihkan saringan udara setiap 2.000 – 4.000 km Kepada motor matic dan bebek, bila perlu, diganti Kalau sudah terlalu kotor atau rusak. (Z-4)

Mungkin Anda Menyukai