3 Destinasi Konservasi Alam di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Wisatawan

3 Destinasi Konservasi Alam di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Wisatawan 
Gajah(MI/Amir MR)

 

WISATA Alam menjadi salah satu primadona sektor pariwisata di Indonesia, kekayaan alam yang dimiliki bumi pertiwi, membuat banyak sekali wisata alam yang bisa dieksplor oleh wisatawan. 

Baca juga : Erni Suyanti Abdikan Hidup untuk Menolong Satwa Liar

Terdapat banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi di Indonesia, salah satunya destinasi yang masuk dalam kategori konservasi alam. Selain melihat keindahan alam, di destinasi wisata berbasis konservasi alam wisatawan juga bisa belajar terkait lingkungan sekitar. 

Berikut ini, beberapa destinasi konservasi alam yang bisa dikunjungi saat berwisata. 

1. Taman Nasional Way Kambas 

Taman Nasional Way Kambas menjadi destinasi konservasi alam yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata. Terletak di Lampung, ragam aktivitas bisa kamu lakukan di Taman Nasional yang menjadi tempat konservasi gajah Sumatra itu. 

Cek Artikel:  Perdana, Kapal Pesiar Global Ini Berlabuh di Tanjung Priok

Kawasan ini terdiri dari hutan air rawa dengan hamparan padang rumput, semak belukar, serta hutan pantai. Dengan luas secara keseluruhan mencapai 125.000 hektar. 

Baca juga : Keberhasilan Konservasi Indonesia Jadi Misalnya bagi Negara-negara ASEAN

Selain bisa berkeliling melihat indahnya alam dan ragam fauna di kawasan Taman Nasional Way Kambas, wisatawan juga bisa melakukan aktifitas memandikan gajah Sumatra secara langsung. Ditemani penjaga profesional, wisatawan bisa seru-seruan bermain air dengan gajah.

2. Taman Nasional Lorentz 

Siapa bilang Indonesia tidak punya salju, meskipun beriklim tropis, tetapi anda bisa menemukan gletser di Taman Nasional Lorentz, yang terletak di Papua. 

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terluas se-Asia Tenggara, luasnya mencapai 2.505.600 hektare dan melingkupi tiga kawasan di tiga provinsi, yaitu provinsi Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan. 

Cek Artikel:  Pasar Pringgodani Balikpapan, Destinasi Aneh Belanja Guna Doku Kayu

Baca juga : KLHK: Kunjungan Wisata Alam Kawasan Konservasi Hasilkan Rp96,7 M PNBP di 2022

Hal yang unik dari Taman Nasional Lorentz adalah aspek keragaman ekosistemnya, Taman Nasional Lorentz mencakup seluruh tipe ekosistem utama yang ada di Papua, mulai dari ekosistem perairan laut, ekosistem pesisir, ekosistem hutan pantai, ekosistem hutan rawa air payau, ekosistem hutan rawa air tawar, ekosistem hutan dataran rendah, ekosistem hutan pegunungan rendah, ekosistem hutan pegunungan tinggi, ekosistem sub alpin (Tree Line), ekosistem alpin dan ekosistem pegunungan salju abadi. 

Dengan keragaman ekosistem, dapat dipastikan beragam keindahan flora dan fauna dapat dijumpai di tempat itu. Tercatat terdapat sekitar 1.200 tumbuhan berbunga, 123 spesies mamalia, 411 spesies burung, dan 150 spesies reptil dan amfibi. Selain itu Taman Nasional Lorentz juga merupakan Daerah Burung Endemik atau Endemic Bird Area (EBA).

Cek Artikel:  Menparekraf Lanjut Berupaya Tekan Harga Tiket Pesawat Domestik

3.Taman Nasional Gunung Tambora 

Salah satu surga terpencil di Indonesia yang bisa wisatawan kunjungi adalah Taman Nasional Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB). Keindahan alam yang dimiliki, membuat kawasan tersebut kerap dijuluki surga bagi para pendaki maupun peneliti. 

Selain menikmati kaldera yang unik dan indah, di Taman Nasional Gunung Tambora Anda juga dapat melakukan jelajah hutan melalui 3 pintu pendakian yaitu Piong/Sanggar, Kawindato’i, Pancasila dan Doro Ncanga. 

Berbagai jenis burung seperti Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea), Nuri Kepala Merah (Geoffroyus geoffroyi), Kirik-kirik Australia (Merops ornatus), Ayam Hutan Hijau (Gallus gallus), Elang bondol (Haliastur indus), Alap-alap layang (Falco cenchroides), Srigunting (Dicrurus densus), dan lain-lain dapat Anda jumpai selama perjalanan. (Rif/M-4)

Mungkin Anda Menyukai