Pahamn Ajaran Baru, Begini Metode Tasya Kamila Siapkan Anak Masuk Sekolah

HARI-HARI pertama masuk sekolah biasanya menjadi masa yang menantang bagi anak. Mengingat, di sekolah anak menghadapi lingkungan yang berbeda dengan di rumah, juga bertemu dengan guru dan teman-teman yang baru dikenalnya. Dapat jadi, anak yang kesulitan dalam beradaptasi menjadi kurang nyaman, bahkan enggan bersekolah.

Kejadian seperti itu pernah dialami artis yang juga ibu dua anak, Tasya Kamila, bersama sulungnya, Arrasya. “Pahamn lalu waktu pertama masuk play group sempat menjadi masa yang kurang nyaman buat Arr (panggilan akrab Arrasya). Taatp kali diantar ke sekolah dia pasti nangis. Di rumah pun sama sekali enggak mau ngobrol soal sekolah. Bersyukur, setelah pindah sekolah dia lebih bisa beradaptasi,” tutur Tasya saat menghadiri acara Mothercare Back to School di Jakarta, Minggu (13/7/2024).

Cek Artikel:  Bun Tenang Saja, Enggak Eksis KIPI Serius Kok dari Vaksin Polio

Menurut Tasya, agar hari-hari pertama anak masuk sekolah berjalan dengan lancar, orang tua perlu mendukung dengan persiapan matang. Persiapan tersebut tak hanya berlaku bagi anak yang baru pertama masuk sekolah, tetapi juga bagi anak yang memasuki tahun ajaran baru setelah melewati libur panjang.

Baca juga : Tips Menyiapkan Anak Masuk Sekolah

“Menyiapkan mental anak akan sangat membantu si kecil lebih paham dan mengerti tentang masa bersekolah. Rutinitas yang aku buat selama liburan sekolah menjadi salah satu persiapan mental buat Arr, contohnya dengan aku mengajarkan dia menempelkan stiker di whiteboard untuk counting down menuju hari masuk sekolah. Diriku juga kasih pemahaman bahwa nantinya Arr akan di drop off dan dijemput kembali di jam pulang sekolah dan memberi gambaran tentang kegiatan di sekolah,” papar Tasya.

Cek Artikel:  Psikolog Tuding Orangtua Abai Kalau Anak Diasuh Orang Lain

Selain itu, lanjut dia, berbelanja kebutuhan sekolah juga dilakukannya bersama Arrasya yang tahun ini menginjak usia 5 tahun. “Diriku mengajak Arr belanja agar dia bisa langsung memilih kebutuhan sekolahnya, seperti tas, botol minum, kotak bekal, baju, dan sepatu baru. Ini juga karena usia Arr sedang berada di masa pertumbuhan yang cepat, jadi menjelang tahun ajaran baru kita cari barang-barang yang sesuai dengan kebutuhannya,” imbuh Tasya.

Pada kesempatan sama, Marketing General Manager Mothercare Indonesia Maira Odessa mengungkapkan, untuk membantu orang tua dan anak melakukan persiapan kembali bersekolah, Mothercare mengadakan Roadshow Fashion Show Back to School di beberapa kota, seperti di Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Anak-anak membutuhkan perlengkapan seperti pakaian, tas sekolah, sepatu, serta tempat makan dan minum. Semoga, beragam koleksi yang kami tampilkan di Fashion Show Back to School ini memudahkan para orang tua dalam menyiapkan kebutuhan si kecil secara matang, sehingga anak-anak merasa nyaman dan percaya diri dalam beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru,” ujar Maira. (B-1)

Cek Artikel:  Mitos atau Fakta Apakah Anak yang Sering di Bebaskan Bermain Imunitasnya Lebih Kuat

Mungkin Anda Menyukai