RS Medistra Tegaskan Hargai Perbedaan Keyakinan di Lingkungan Kerja

Liputanindo.id JAKARTA – Rumah Ngilu Medistra Jakarta Selatan mengklaim, sangat menghargai dan menghormati keberagaman atau perbedaan keyakinan di kalangan pegawai rumah sakit. Hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah fasilitas ibadah untuk pegawai muslim maupun kristiani. 

“Kami memberikan waktu yang cukup kepada seluruh karyawan di Medistra untuk ibadah, sesuai dengan keyakinan dan menyediakan sarana ibadah, masjid maupun musala, serta menyelenggarakan kegiatan rohanian rutin,” kata Direktur RS Medistra Jakarta Selatan, dr. Akbar Budisatria saat jumpa pers pada Rabu (4/9/2024).

Akbar juga menyayangkan adanya penyebaran berita soal dugaan larangan berhijab di kalangan rumah sakit. Berita itu sempat diposting di media sosial oleh dokter spesialis RS Medistra, Dr. dr. Diani Kartini SpB, subsp. Onk (K).

Pihak rumah sakit telah berupaya meminta penjelasan dari Dr Diani, namun sampai sekarang belum mendapat respon. Meski citra rumah sakit berpotensi tercoreng, Akbar memastikan pihaknya akan mengedepankan mediasi dibanding langkah hukum kepada yang bersangkutan.

Cek Artikel:  Polisi Bongkar Dugaan Korupsi Kredit Fiktif Bank Sendiri Makassar, Rugikan Negara Rp55 M

“Isu terkait hal ini diawali dari postingan, salah satu dokter spesialis kami yang langsung di posting ke sosial media tanpa klarifikasi ke kami. Kami dari pihak manajemen sudah berusaha untuk menemui beliau, namun masih belum ada kesempatan,” jelasnya.

“Jadi isu itu yang melebar dan kami sudah mengupayakan untuk melakukan konsolidasi internal dan juga ke luar,” lanjut Akbar.

Sementara itu Manager Sumber Daya Orang (SDM) RS Medistra Jakarta Selatan, Markus Triyono menuturkan, penyediaan fasilitas ibadah untuk membuktikan bahwa rumah sakit menghargai keberagaman keyakinan yang ada di Jakarta. Enggak dipungkiri, Jakarta diisi oleh masyarakat heterogen, yang memiliki ragam perbedaan mulai dari bahasa, suku, budaya, ras, agama dan profesi sekalipun.

Cek Artikel:  Jelang Berakhir Masa Jabatan Ketua MA, Beredar Nyaris Seluruh Nama Hakim Akbar di Website Korupedia

“Kami memiliki masjid dan musala yang selama ini selalu digunakan oleh seluruh karyawan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan,” tuturnya.

Sedangkan Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Ngilu Swasta Indonesia (ARSSI) dr. Irwan Heriyanto mengaku, langsung meminta klarifikasi dengan pihak RS Medistria usai viral persoalan tersebut. Bahkan RS Medistra Jakarta juga sudah memberikan surat klarifikasi secara resmi kepada ARSSI terkait polemik itu.

“Kami menyayangkan adanya berita yang mungkin membuat tidak nyaman kita semua ya, tapi mudah-mudahan ini selesai sehingga RS Medistra bisa melayani pasien seperti biasa dan pasien tetap merasa nyaman untuk berobat di RS ini,” kata Irwan.

Diketahui, Dr. dr Diani Kartini mempertanyakan kebijakan Rumah Ngilu Medistra Jakarta soal aturan berpakaian para pegawainya. Hal itu diungkapkannya usai mendapati asisten dan kerabatnya melamar pekerjaan untuk menjadi dokter umum.

Cek Artikel:  PN Makassar Disebut Tolak Gugatan YW UMI, Kuasa Hukum: Belum Inkrah

“Beberapa waktu lalu, asisten saya dan juga kemarin kerabat saya mendaftar sebagai dokter umum di RS Medistra. Kebetulan keduanya menggunakan hijab,” tulis dr Diani, mengutip dari akun Instagram @lambe_turah.

Dia bilang, ada pertanyaan terakhir di sesi wawancara, terkait performance dan RS Medistra merupakan RS internasional. Pihak ruma sakit, katanya, mempertanyakan apakah bersedia membuka hijab jika diterima atau tidak.

“Saya sangat menyayangkan jika di zaman sekarang masih ada pertanyaan RASIS,” ucapnya. (DID)

Mungkin Anda Menyukai