Kebutuhan Naik terhadap Data Streaming dan Pemrosesan Peristiwa

Kebutuhan Naik terhadap Data Streaming dan Pemrosesan Peristiwa
Ilustrasi.(Freepik)

KEBUTUHAN terhadap data real-time telah mengukuhkan data streaming sebagai kebutuhan bisnis yang penting. Menurut ISG Software Research pada 2026, lebih dari tiga perempat arsitektur informasi standar perusahaan akan menyertakan data streaming dan pemrosesan peristiwa. 

“Kami membantu para mitra membuka peluang pendapatan baru dengan memenuhi permintaan yang terus meningkat akan data real-time di setiap wilayah yang mereka layani. Pihaknya menawarkan rute tercepat untuk menghadirkan data streaming tingkat perusahaan, sehingga memungkinkan para mitra untuk mempercepat penyampaian layanan, mengurangi biaya dukungan, serta meminimalkan kompleksitas dan risiko secara keseluruhan,” ujar Kamal Brar, Senior Vice President Worldwide ISV and APAC Confluent.

Demi memenuhi kebutuhan ini, perusahaan sering kali beralih ke teknologi open-source yang populer seperti Kafka dan Flink. Tetapi, membangun dan memelihara perangkat lunak open-source, terutama dalam skala besar, dengan cepat menjadi sangat mahal dan memakan waktu. 

Cek Artikel:  Ini Daftar Harga iPhone Terupdate di Bulan Agustus 2024

Rata-rata, Kafka yang dikelola sendiri membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk mencapai skala produksi, dengan pengembangan platform yang sedang berlangsung dan biaya operasional yang melebihi jutaan dolar per tahun. Seiring berjalannya waktu, solusi yang dibangun dengan open-source Kafka dan Flink menghabiskan lebih banyak sumber daya teknik, yang berdampak pada kemampuan bisnis untuk fokus pada diferensiasi dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

“Program OEM Confluent meringankan beban pengelolaan teknologi open-source secara mandiri sekaligus melampaui Kafka dan Flink. MSP dan CSP dapat dengan mudah menghadirkan platform data streaming yang lengkap melalui Confluent, memberikan solusi tanpa repot untuk membuka lebih banyak proyek pelanggan di seluruh AI, analitik real-time, modernisasi aplikasi, dan banyak lagi,” paparnya. (Z-2)

Cek Artikel:  Astronom Katalog Ledakan Sinar Gamma Terbesar Membuka Rahasia Kosmik

Mungkin Anda Menyukai