AI Belajar Berpikir Sendiri seperti Orang

AI Belajar Berpikir Sendiri seperti Manusia
Ilustrasi.(Freepik)

DARI eksperimen pemikiran Einstein hingga kemampuan model AI untuk mengoreksi diri sendiri, pembelajaran berbasis pemikiran melampaui pikiran manusia untuk memengaruhi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Penelitian baru menyoroti cara AI, seperti manusia, belajar melalui penjelasan, simulasi, analogi, dan penalaran tanpa masukan eksternal. 

Pembelajaran sesuai permintaan ini, yang bermanfaat untuk mengadaptasi pengetahuan ke konteks baru, menggambarkan persamaan dan perbedaan penting antara kognisi alami dan buatan. Hal itu menawarkan sudut pandang unik untuk mempelajari proses berpikir manusia dan potensi serta keterbatasan AI.

Belajar melalui pemikiran

Beberapa penemuan terbesar tidak hanya berasal dari pengamatan tetapi juga dari pemikiran. Einstein mengembangkan teori tentang relativitas melalui eksperimen pemikiran dan Galileo memperoleh wawasan tentang gravitasi melalui simulasi mental. 

Baca juga : Moderasi dengan AI Perangi Konten Negatif

Satu tinjauan yang diterbitkan pada 18 September di jurnal Trends in Cognitive Sciences menunjukkan bahwa proses berpikir ini tidak eksklusif untuk manusia. Kecerdasan buatan juga mampu mengoreksi diri sendiri dan mencapai kesimpulan baru melalui belajar melalui pemikiran. 

“Terdapat beberapa demonstrasi terkini tentang yang tampak seperti belajar dengan berpikir dalam AI, khususnya dalam model bahasa yang besar,” kata penulis Tania Lombrozo, seorang profesor psikologi dan salah satu direktur inisiatif Natural and Definisificial Minds di Universitas Princeton, dilansir dari SciTechDaily. “Terkadang ChatGPT akan mengoreksi dirinya sendiri tanpa diberi tahu secara eksplisit. Itu mirip dengan yang terjadi ketika orang terlibat dalam belajar dengan berpikir.”

Cek Artikel:  Pemadaman Dunia Microsoft Teratasi, Diduga Akibat Serangan Siber

Mode pembelajaran

Lombrozo mengidentifikasi empat contoh pembelajaran dengan berpikir pada manusia dan AI yaitu pelajar dapat memperoleh informasi baru tanpa masukan eksternal melalui penjelasan, simulasi, analogi, dan penalaran. Pada manusia, menjelaskan cara kerja gelombang mikro kepada seorang anak dapat mengungkap kesenjangan dalam pemahaman kita. 

Baca juga : Adopsi AI Generatif Bantu Usaha Naikkan Modalisasi Pasar

Menata ulang furnitur di ruang tamu sering kali melibatkan pembuatan gambaran mental untuk menyimulasikan tata letak yang berbeda sebelum membuat perubahan fisik apa pun. Mengunduh perangkat lunak bajakan mungkin awalnya tampak dapat diterima secara moral hingga seseorang menarik analogi dengan pencurian barang fisik. Kalau Anda tahu bahwa ulang tahun seorang teman jatuh pada hari kabisat dan besok ialah hari kabisat, Anda dapat bernalar bahwa ulang tahun teman Anda jatuh pada hari esok.

Cek Artikel:  Spesifikasi Samsung Galaxy A06, HP Murah yang akan Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 1 Jutaan

AI menunjukkan proses pembelajaran yang serupa. Ketika diminta untuk menguraikan topik yang rumit, AI dapat mengoreksi atau menyempurnakan respons awalnya berdasarkan penjelasan yang diberikannya. Industri gim menggunakan mesin simulasi untuk memperkirakan hasil di dunia nyata dan model dapat menggunakan keluaran simulasi sebagai masukan untuk pembelajaran. 

Meminta model bahasa untuk menggambar analogi dapat membuatnya menjawab pertanyaan dengan lebih akurat daripada dengan pertanyaan sederhana. Mendorong AI untuk terlibat dalam penalaran langkah demi langkah dapat membawanya ke jawaban yang tidak akan dapat dicapai dengan pertanyaan langsung.

Baca juga : Pemasaran Digital Berbasis Kecerdasan Buatan Sasar Sasaran

Menjelajahi fungsi berbasis pikiran

“Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa pikiran alami dan buatan memiliki karakteristik ini. Apa fungsi belajar dengan berpikir? Mengapa itu berharga?” kata Lombrozo. “Saya berpendapat bahwa belajar dengan berpikir adalah semacam pembelajaran sesuai permintaan.”

Cek Artikel:  7 Rekomendasi Hp dengan Kamera Telephoto Terbaik dan Harga Terjangkau pada Agustus 2024

Ketika mempelajari sesuatu yang baru, Anda tidak tahu informasi tersebut dapat membantu di masa mendatang. Lombrozo mengatakan orang dapat menyimpan pengetahuan untuk nanti sampai konteksnya membuatnya relevan dan bermanfaat untuk mengeluarkan upaya kognitif untuk berpikir dan belajar.

Arah masa depan

Lombrozo mengakui tantangan dalam mendefinisikan batasan antara penalaran, pembelajaran, dan fungsi kognitif tingkat tinggi lain, yang merupakan area perdebatan dalam bidang ilmu kognitif. Tinjauan tersebut juga memunculkan lebih banyak pertanyaan. Beberapa di antaranya akan dieksplorasi lebih lanjut oleh Lombrozo, seperti sistem AI benar-benar ‘berpikir’ atau sekadar meniru keluaran dari proses tersebut.

“AI telah mencapai titik ia begitu canggih dalam beberapa hal, tetapi terbatas dalam hal lain, sehingga kita memiliki kesempatan untuk mempelajari persamaan dan perbedaan antara kecerdasan manusia dan kecerdasan buatan,” kata Lombrozo. 

“Kita dapat mempelajari hal-hal penting tentang kognisi manusia melalui AI dan meningkatkan AI dengan membandingkannya dengan pikiran alami. Ini momen penting saat kita berada dalam posisi baru ini untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan komparatif yang menarik ini.” (Z-2)

Mungkin Anda Menyukai