Polri Datangi PON XXI di Aceh-Sumut Usut Dugaan Penyelewengan

Polri Datangi PON XXI di Aceh-Sumut Usut Dugaan Penyelewengan
Suasana pesta kembang api pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Cita-cita Bangsa, Banda Aceh, Aceh(ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri langsung mengusut kasus dugaan penyelewengan dalam penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Polri akan mendatangi lokasi PON untuk melakukan penyelidikan.

“Tim satgas dari Mabes, hari Jumat (13 September 2024) menuju ke lokasi PON XXI, di antaranya untuk memberikan pendampingan Kemenpora dan mendalami hal yang dilaporkan,” kata Wadirtipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa kepada Medcom.id, hari ini.

Arief mengatakan sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo terkait dugaan penyelewengan dalam kegiatan pekan olahraga nasional itu. Meski tak disebut jelas bentuk penyelewengan. Tetapi, diduga terkait keuangan penyelenggaraan kegiatan olahraga tersebut.

Cek Artikel:  Pansel Didesak Coret Kandidat Titipan

Baca juga : Usut Penyalahgunaan Zakat di Al-Zaytun, Ini Barang Bukti yang Dimiliki Polisi

“Koordinasi sudah dilakukan melalui satgas pendampingan giat PON XXI Aceh dan Sumut Mabes Polri,” ujar Arief.

Dugaan penyelewengan ini mulanya disampaikan oleh Menpora Dito Ariotedjo. Dito langsung berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan Kejaksaan Mulia usai menemukan adanya dugaan penyelewengan dalam kegiatan olahraga tersebut.

“Tadi tim kami sudah kordinasi sesama Satgas,” kata Dito kepada Medcom.id, kemarin.

Baca juga : Bukan Hanya Duit Zakat, Polisi Juga Endus Penyelewengan Anggaran BOS di Al-Zaytun

Dito menyebut Bareskrim Polri menjadi Satgas pendampingan tata kelola penyelenggaraan PON sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Mengertin 2024. Maka itu, kata dia, semua hal yang dilaporkan terkait keluhan pelaksanaan pasti dijadikan bahan untuk pendampingan dan pelaporan.

Cek Artikel:  Pembahasan RUU Kementerian Hilangkan Batas Jumlah Kementerian

“Prinsipnya, kita ingin ini menjadi PON yang sukses,” ungkap Dito.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Stadion Cita-cita Bangsa, Banda Aceh, Senin, 9 September 2024. PON XXI digelar pada 9-20 September 2024.

Rangkaian kompetisi PON 2024 sudah bergulir sejak 28 Agustus 2024. PON tahun ini mempertandingkan 65 cabang olahraga (cabor) dengan melibatkan hampir 13.000 atlet. (Yon/P-2)

 

Mungkin Anda Menyukai