Usut Dugaan Penyelewengan Keuangan, Bareskrim Datangi Capeksi PON Aceh-Sumut

Usut Dugaan Penyelewengan Keuangan, Bareskrim Datangi Lokasi PON Aceh-Sumut
Gedung Bareskrim Polri .(Ist )

JAJARAN Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri menyambangi kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut), Kamis (12/9). Polri datang untuk mengusut dugaan penyelewengan tata kelola keuangan penyelenggaraan kegiatan olahraga berskala nasional tersebut.

“Tim Mabes Polri menuju lokasi PON XXI Aceh dan Sumut bergabung dengan tim pendampingan dari Kejagung (Kejaksaan Mulia) dan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan),” kata Wadirtipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa saat dikonfirmasi, Kamis (12/9).

Arief mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) perihal kasus ini. Maka itu, polisi tidak menunda-nunda dan langsung menyelidiki ke lokasi. “Koordinasi sudah dilakukan melalui satgas pendampingan giat PON XXI Aceh dan Sumut Mabes Polri (Bareskrim),” ujar Arief.

Cek Artikel:  KPU 51 Paslon Independen yang Mendaftar di Pilkada

Baca juga : BPKB Kerahkan 77 Auditor Periksa Keuangan PON XXI Aceh-Sumut

Di samping itu, BPKP telah mengerahkan 77 auditor untuk melakukan pengawasan ke lokasi. Terdiri atas BPKP pusat 14 orang, BPKP Perwakilan Aceh 41 orang, serta BPKP Perwakilan Provinsi Sumut sebanyak 22 orang.

“Pengawasan BPKP dilakukan untuk menjaga akuntabilitas penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024,” kata Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Raden Suhartono dalam keterangan tertulis, Kamis (12/9).

Dugaan penyelewengan keuangan ini mulanya disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Dia langsung berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, karena merupakan Satgas Pendampingan Tata Kelola Penyelenggaraan PON sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Pahamn 2024.

Cek Artikel:  Hendak Kabur ke Malaysia, Buron BLBI Marimutu Sinivasan Ditangkap

Baca juga : Polri Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI Aceh-Sumut

“Sekalian hal yang dilaporkan terkait keluhan pelaksanaan pasti dijadikan bahan untuk pendampingan dan pelaporan. Prinsipnya, kita ingin ini menjadi PON yang sukses,” kata Dito kepada Medcom.id, Rabu (11/9).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Cita-cita Bangsa, Banda Aceh, pada Senin, 9 September 2024. PON XXI digelar pada 9-20 September 2024.

Rangkaian kompetisi PON 2024 sudah bergulir sejak 28 Agustus 2024. PON tahun ini mempertandingkan 65 cabang olahraga (cabor) dengan melibatkan hampir 13.000 atlet. (J-2)

 

Mungkin Anda Menyukai