Dorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata untuk Figurkan Lapangan Kerja bagi Masyarakat

Dorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata untuk Wujudkan Lapangan Kerja bagi Masyarakat
Foto udara wisata ziarah makam Prabu Sanghyang Borosngora di Situ Lengkong, Desa Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.(Antara/Adeng Bustomi)

DORONG terus pencapaian peningkatan target sektor pariwisata untuk mewujudkan alternatif lapangan kerja bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan. 

“Sektor pariwisata memiliki potensi besar sebagai sektor yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dengan terus mewujudkan pencapaian target kunjungan wisata, baik wisatawan dalam maupu luar negeri, akan memperbesar peluang lapangan kerja di tanah air,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/9). 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun ini menargetkan 1 miliar kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke kawasan-kawasan wisata di Indonesia. 

Baca juga : Konsep Wisata Regeneratif Harus Dikembangkan demi Pariwisata yang Berkelanjutan

Pada Juli lalu tercatat 600 juta kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke sejumlah kawasan wisata. 

Cek Artikel:  Temukan Kemewahan dan Kenyamanan di Fraser Place Loyalbudi, Jakarta

Data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mencatat jumlah pekerja yang ter-PHK pada periode Januari-Juni 2024 mencapai 32.064 orang. Bilangan tersebut naik 21,4% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 26.400 orang.

Bahkan dalam periode Januari-Juli 2024, jumlah pekerja yang ter-PHK kembali melonjak tinggi mencapai 42.863 orang. Sebagian besar kasus PHK terjadi di sektor manufaktur. 

Baca juga : Dukung Pemberdayaan Desa Wisata demi Tumbuhnya Pusat Ekonomi Baru yang Merata

Menurut Lestari, peluang yang terbuka di sektor pariwisata bagi ketersediaan lapangan kerja yang lebih merata ini harus mampu diupayakan dengan sebaik-baiknya. 

Rerie, sapaan akrab Lestari, sangat berharap pemerintah pusat dan daerah memiliki visi yang sama dalam pengembangan sektor pariwisata. 

Cek Artikel:  Upaya Mendukung Merek Lelahl Berkembang

Apalagi, jelas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah, selain memiliki potensi meningkatkan pendapatan setiap daerah, sektor pariwisata juga mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar kawasan pariwisata. 

Upaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang terampil, tambah Rerie, harus segera dilakukan dalam upaya pencapaian terget yang telah dicanangkan. 

Sehingga, tegas Personil Majelis Tinggi Partai NasDem itu, dampak PHK dari sektor manufaktur yang marak belakangan ini, bisa mendapatkan jalan keluar dengan semakin banyaknya kawasan wisata yang tumbuh dan dikunjungi banyak wisatawan. (Z-2)

 

Mungkin Anda Menyukai