DKI Timba Ilmu dari Jepang Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Sampah

DKI Timba Ilmu dari Jepang Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Sampah
Delegasi Jepang mengunjungi Jakarta Recycle Centre (JRC), Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (1/8/2024)(Dok. Dinas LH DKI)

DELEGASI Komisi Lingkungan Hidup Parlemen Jepang mengunjungi Jakarta Recycle Center (JRC) di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2024). Kunjungan tersebut bertujuan memperkuat kerja sama dalam bidang lingkungan hidup salah satunya pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan pihaknya mengapresiasi dukungan Jepang termasuk pembangunan JRC yang juga merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Pemerintah Kota Osaki, Jepang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Jepang, terutama kontribusi melalui JICA dalam membantu pembangunan infrastruktur dan pengembangan sistem pengelolaan sampah di Jakarta,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (4/8/2024).

Baca juga : Ilham Habibie Kunjungi Aktivitas Bank Sampah yang Dikelola Gereja di Bandung

Cek Artikel:  DPRD DKI Jangan Terjadi Kekosongan dalam Masa Tugas 2024-2029

Ia menambahkan bahwa Jakarta terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungannya dengan belajar dari teknologi dan pengalaman Jepang.

“Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem pengelolaan sampah kami dengan memanfaatkan teknologi canggih dan tepat guna,” katanya.

Asep berharap agar kerja sama ini dapat terus berlanjut dan diperluas ke bidang lainnya, seperti penanganan polusi udara dan pengelolaan air limbah.

Baca juga : Jorok! Tumpukan Sampah Meluber di Tengah Jalan di Jalan Raya Bogor Depok

“Kami melihat banyak peluang untuk memperkuat kolaborasi di berbagai sektor lingkungan hidup,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Lingkungan Hidup Parlemen Jepang, Shunsuke Mutai, menyatakan kekagumannya terhadap upaya pengelolaan sampah di Jakarta.

Cek Artikel:  Pemkot Depok Minta Pemasangan Media Promosi Cakada tidak Merusak Fasilitas Publik

“Kami terkesan dengan langkah-langkah yang telah diambil Jakarta dalam mengatasi tantangan lingkungan. Ini adalah bukti nyata bahwa kota besar dapat mengelola masalah lingkungan secara efektif,” kata Mutai.

Baca juga : Sejumlah Tantangan Hambat Keberlangsungan Bank Sampah

Mutai juga menyoroti pentingnya dekarbonisasi dan pengurangan sampah sebagai bagian dari upaya menekan emisi gas rumah kaca yang berbahaya.

“Jepang memiliki teknologi canggih yang dapat membantu dalam pengelolaan sampah. Kami siap berbagi pengetahuan ini dengan Jakarta untuk mendukung pengelolaan lingkungan yang lebih baik,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan harapan bahwa Jakarta bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain di dunia dalam hal pengelolaan sampah.

“Keberhasilan Jakarta dalam menangani sampah akan menjadi inspirasi bagi kota-kota lain, baik di Indonesia maupun global, hal ini menunjukkan potensi Jakarta untuk memimpin dalam inovasi pengelolaan sampah,” tutup Mutai.

Cek Artikel:  Besok Terdapat Kirab Bendera Pusaka di Jakarta, Ini Jalan yang Perlu Dihindari

Pemprov DKI berharap kerja sama antara Jepang dan Indonesia dalam bidang lingkungan hidup dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kedua negara. (Far/P-3)

Mungkin Anda Menyukai