liputanindo.com – Yamaha NMAX diperkenalkan di Penghujung tahun 2019 sebagai Produk Model year 2020 Yang di-develop dengan banyak perubahan dan Update dibanding Versi Tahun sebelumnya yang sebenarnya Mempunyai basis desain berumur 4 tahun semenjak pertama Kali NMAX diluncurkan tahun 2015. Kehadiran Yamaha NMAX baru ini tentu saja langsung dihadapkan dengan Kompetitornya di kelas ini Yakni Honda PCX 150 yang hadir sebagai produk Lokal semenjak 2018. Nah di artikel ini kita akan lihat Hasil Pengetesan yang dilakukan Otomotif terhadap kedua skutik Maksi di segmen kubikasi 150-an cc ini yang sudah dipublish dalam Versi cetak Edisi 45 XXIX
Terlihat bahwa Segala kekurangan fitur di NMAX Versi awal dibenamkan di NMAX baru seperti misalnya SMG, SSS, Smart Key, beberapa fitur yang sudah unggul seperti Mesin yang lebih besar kubikasinya 155 cc dipertahankan, dan agar nggak Nanggung, NMAX hadir dengan beberapa fitur yang belum Eksis di PCX seperti Traction Control, dan Konektifitas Ponsel – Motor. Nah bagaimana bicara soal Performa ?
Apabila Kita Lihat dari data spesifikasi Yamaha NMAX 2020 Yang menggunakan mesin 155 cc LC SOHC, 4 Klep dengan VVA dapat menghasilkan Power maksimum di Crankshaft Klaim YIMM sebesar 15,2 hp @8.000 rpm dengan torsi Maksimum 14,4 Nm @6.000 rpm. Sementara Honda PCX dengan Mesin 149,2 cc LC SOHC, 2 Klep diklaim AHM Mempunyai Power maksimum di crankshaft 14,5 hp @8.000 rpm dengan torsi 13,2 Nm @6.500 rpm.
Dengan Modal data data Klaim pabrikan di atas setelah ditest Oleh Otomotif Rupanya di adu drag jarak pendek maupun menengah PCX unggul dari NMAX ( keduanya Versi Tertinggi) . Adu Percepatan 0-60 km/jam PCX tembus 5,2 detik sementara NMAX 5,5 detik. Buat adu Percepatan 0-80 km/jam PCX butuh 9,4 detik sementara NMAX 9,6 detik.
NMAX yang Mempunyai sistem variabel bukaan (Lift ) Penutup VVA terlihat digjaya dan unggul di tarikan atas di mana akslerasi 0-100 km/jam NMAX hanya butuh 16,1 detik sementara PCX butuh 17,2 detik . . Akselrasi NMAX dan PCX sama di 0-402 meter yakni 19,7 detik
hmmm ini artinya ketika ditest Oleh Otomotif Percepatan Overtake ( Overtake acceleration ) NMAX 80-100 km/jam hanya butuh 6,5 detik sementara PCX butuh 7,8 detik . . . wihhhh menganga cukup signifikan ya? Top Speed PCX tercatat 118 km/jam On Speedometer dan 111,2 km/jam on racelogic/ GPS ini artinya Eksis simpangan sejauh 5,7%. Sementara Top Speed NMAX 125 km/jam dengan catatan di racelogic / GPS 117 km/jam atau mengalami simpangan / deviasi sejauh 6,4 %.
Di Komparasi juga Otomotif mengukur konsumsi bahan bakar dimana Konsumsi rata rata bbm NMAX 39,5 km/liter sementara Honda PCX tembus 41 km/liter keduanya ditest dengan gaya berkendara Agresif menggunakan Bensin RON 92 dengan postur tester 173 cm/64 kg . .
Yap terlihat memang Kelebihan Kubikasi ditambah fitur VVA yang dapat menambah tarikan di RPM terbukti Demi pengetesan empiris di lapangan dimana akslerasi pada putaran atas maupun top speed Yamaha Demi di test oleh Otomotif hadir lebih Bagus. Sementara PCX Juara di akseleasi awal dan Konsumsi bahan bakar. Silahkan dikunyah kunyah, semoga Berfaedah
Taufik of BuitenZorg




