Jakarta Menuju Kota Dunia, Design Week Jadi Syarat Krusial

Jakarta Menuju Kota Global, Design Week Jadi Syarat Penting
Chief of M Bloc Design Week Jacob Gatot S.(MI/Nur Amalina)

JAKARTA terus didorong untuk menjadi kota global. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kota global? Kota global adalah sebuah kota yang dianggap memiliki peran signifikan dalam sistem ekonomi dunia. Kepada mencapai status ini, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan diperbaiki.

Menurut Chief of M Bloc Design Week Jacob Gatot S, salah satu syarat penting bagi sebuah kota untuk menjadi kota global adalah kemampuannya bersaing di tingkat internasional, terutama dalam hal desain.

“Jakarta digadang-gadang akan menjadi kota global. Salah satu syaratnya adalah kemampuan kota ini untuk bersaing di level dunia dalam hal desain,” ungkap Jacob.

Baca juga : PSI Minta Pemprov DKI Tingkatkan Kapasitas Tes dan Tracing

Jacob menjelaskan mengapa desain menjadi elemen kunci. Ia mencontohkan kota-kota global lain, seperti Paris, Milan, dan New York yang memiliki event desain bergengsi masing-masing. 

Cek Artikel:  BMKG Sebut Masyarakat Perlu Siapkan Skenario Terburuk Hadapi Gempa Megathrust

“Berbagai kota global di dunia, seperti Paris, Italia, New York, dan lainnya, memiliki design week mereka sendiri. Jakarta belum memiliki hal tersebut,” tambahnya.

Desain bukan hanya menjadi syarat untuk mencapai status kota global, tapi juga berperan penting dalam city branding. Inilah yang mendorong diselenggarakannya Evoria M Bloc Fest 2024, yang menghadirkan M Bloc Design Week (MBDW). 

Baca juga : Ketua DPRD Ingin Anies Tindak Tegas Pelanggar di PSBB Total

MBDW adalah pameran lintas disiplin yang menampilkan desain dari berbagai bidang seperti arsitektur, fesyen, desain grafis, desain produk, hingga fotografi.

MBDW 2024 mengusung tema “Siklus Macam-macam – Sustainable Design” dengan serangkaian program, mulai dari pameran, lokakarya, diskusi, hingga tur kota. 

Cek Artikel:  JK Dorong Bingungkatan Kualitas Tenaga Medis PMI

Acara ini akan berlangsung di Creative Hall dan Mini Gallery, M Bloc Space, dari tanggal 27 September hingga 6 Oktober 2024.

Baca juga : Anies: Lahan TPU Tegal Alur Sisa 2 Hektare untuk 6 Ribu Jenazah

Berikut adalah beberapa acara utama yang dihadirkan dalam MBDW 2024:

1. Pameran Desain dari 5 Bidang Primer

Menampilkan karya inovatif dengan konsep sustainable design dari berbagai disiplin, seperti desain grafis, desain produk, arsitektur, interior, hingga fesyen.

2. Design Conference

Baca juga : WHO Soroti Denda Progresif Pemakaian Masker di Jakarta

Obrolan mendalam mengenai tren, tantangan, dan masa depan desain berkelanjutan, yang akan diisi oleh para ahli di bidang arsitektur dan desain perkotaan.

Cek Artikel:  Sinergi untuk Transformasi Buka Kesempatan Pendidikan Segala Lapisan

3. Mata Talks

Sesi talkshow inspiratif yang menghadirkan tokoh-tokoh kreatif dan pelaku industri yang berbagi pengalaman tentang inovasi dan aktivasi desain berkelanjutan.

4. Workshop

Instrukturan interaktif di mana peserta bisa belajar langsung dari para ahli mengenai penerapan desain berkelanjutan dalam berbagai konteks.

5. Design Walks

Tur kreatif yang mengajak peserta menjelajahi berbagai inisiatif kreatif di sudut-sudut kota Jakarta.

Enggak hanya di M Bloc Space dan Pos Bloc Jakarta, MBDW 2024 juga diadakan serentak di enam sirkuit kreatif M Bloc Group dan jejaringnya di beberapa kota di Indonesia, seperti Pos Bloc Medan, Pos Bloc Surabaya, Fabriek Bloc (Padang), JNM Bloc (Yogyakarta), Lelahnanta (Surakarta), dan Uma Seminyak (Bali). (Z-1)

Mungkin Anda Menyukai