Apple Maps Versi Beta Kini Tersedia di Web

Apple Maps Versi Beta Kini Tersedia di Web
Tangkapan layar Apple Maps yang diakses melalui peramban Edge.(DOK APPLE)

SETELAH hampir 12 tahun setelah peluncurannya di iOS, Apple Maps kini tersedia di web dalam versi beta. Apple mengumumkan ekspansi ini melalui siaran pers singkat dan pengguna dapat mencoba Apple Maps di Mac atau PC dengan mengakses beta.maps.apple.com dari peramban.

Mengutip GSM Arena, saat ini, versi beta dari Apple Maps ini didukung di Safari, Chrome dan Edge di Mac dan komputer Windows. Pengalaman penggunaan yang disuguhkan Apple Maps Web versi beta ini serupa dengan layanan di iOS.

Pengguna dapat mencari alamat, mendapatkan arahan untuk mengemudi atau berjalan, serta informasi terkait bisnis seperti nomor telepon, jam operasional, dan opsi pembayaran. Sementara itu, fitur Look Around, alternatif dari Street View di Apple Maps, dan fitur Apple Maps lain yang tersedia di versi mobile akan hadir di versi web dalam beberapa bulan mendatang.

Cek Artikel:  Pemadaman Dunia Microsoft Teratasi, Diduga Akibat Serangan Siber

Baca juga : Harga iPhone 14 dan 13 Turun Tengah, Kini Lebih Terjangkau!

Apple juga dilaporkan tengah bekerja keras untuk menghadirkan Apple Maps ke lebih banyak wilayah, perambahan dan platform. Sebelumnya, Rumor terbaru menyebutkan bahwa pada iPhone 18 mendatang, Samsung akan dipilih sebagai pemasok sensor kamera.

Info ini pertama kali terdengar dari ahli riset pasokan supply ternama Ming-Chi Kuo yang kerap membagikan kabar terbaru terkait Apple. Ming-Chi Kuo menyebut bahwa monopoli Sony atas sensor kamera iPhone kemungkinan akan digeser oleh Samsung pada tahun 2024, yaitu ketika iPhone 18 dirilis.

Tentu saja rumor ini cukup menarik perhatian mengingat Sony selalu menjadi penyedia komponen sensor kamera untuk iPhone selama satu dekade alias 10 tahun. Tetapi belum diketahui rencana Apple ke depannya, Samsung akan sepenuhnya menjadi pemasok untuk iPhone atau sebagian produksi akan tetap mengandalkan Samsung.

Cek Artikel:  7 Rekomendasi HP 5G Harga Mulai Rp 1 Jutaan, Dapat Internetan Ngebut

Baca juga : 10 Tips Gunakan Fitur Baru Windows 11 yang Harus Anda Ketahui

Sementara itu, iPhone layar lipat pertama Apple telah diberitakan selama beberapa tahun terakhir, namun masih belum terwujud. Hal ini disebut akan berubah pada tahun 2026 mendatang. Laporan ini mengklaim iPhone layar lipat ini akan mengusung desain kerang serupa Samsung Galaxy Z Flip6, dan bukan Fold6.

Apple dikabarkan telah memulai fase penelitian dan pengembangan untuk perangkat tersebut pada tahun ini. Hal ini berarti iPhone layar lipat ini diperkirakan akan dirilis pada tahun 2026, mengingat siklus pengembangan ponsel cerdas umumnya berdurasi selama dua tahun.

Layar lipat ponsel tersebut akan dipasok oleh Samsung Display, mengindikasikan Apple telah menandatangani kontrak kerjasama dengan perusahaan tersebut. (Medcom/Z-6)

Cek Artikel:  iPhone 16 Akan Punyai Tombol Baru untuk Mudahkan Pengambilan Foto

Mungkin Anda Menyukai