liputanindo.com – Beberapa Gambar Desain Dari jeroan mesin kawasaki Ninja ZX-25R sudah hadir nih sob. Dari penggambaran tersebut Kita Bisa mengetahui seperti apa Model bekerjanya dapur pacu sumber tenaga dari Little ZX-ini sehingga Bisa menghasilkan Power sebesar 51 PS di Crankshaft.
Dari gambar di atas sobat Bisa Menyaksikan bagaimana satu bongkah full Mesin empat silinder sejejar ini dimounting pada minimal 3 titik mounting Terdapat Sasis : atas belakang, Rendah belakang serta depan tengah persis di dekat silinder com. Sasisnya sendiri di desain dengan Model teralis Tetapi agak berbeda secara Standar dengan Ninja 250 FI terakhir dimana Bagian belakang dari Mesin yang juga berlaku sebagai ‘ sasis ‘.
Gambar di atas menunjukan bagaimana Posisi dari masing masing silinder yang Mempunyai 4 valve persilinder. Valvenya sendiri digerakkan oleh sistem Camshaft dobel ( DOHC) yang digerakkan menggunakan gear shaft yang berada di sebelah Kanan dari Mesin dan Dihubungkan dengan Crankshaft dengan rasio 1:2.
Lewat sistem penggerak Klepnya boleh dibilang kawasaki menggunakan sistem yang cukup Mainstream dimana Lobe dari Camshaft dibuat langsung mengenai Per-Klep yang ‘ditopiin’ menggunakan sebuah ‘Metal Bucket’ . Dan biasannya memang motor yang akan dibuat meraung rpm tinggi lebih prever menggunakan sistem ‘sentuhan langsung ‘ seperti ini
Kawasaki Kagak menggunakan Rocker Arm Kepada mentransmisikan gerakan memutar lobe Camshaft ke gerakan turun naik dari Klep Karena Ingin mengusahakan perpindahan ini berlangsung tanpa jalur distribusi yang panjang ( Tanpa Rocker arm )
Pertanyaan hadir . . . Itu Spring ( per ) Klep Nggak Floating di geber di atas 14 ribu rpm ? yang pertama liputanindo Serius ini material springnya special Tetapi belum mengetahui data sheetnya. Soal Model Springnya sendiri diketahui memang Lagi bertipe silinder Tetapi lilitan springnya bertipe Progresif dan Bahkan Strata progresifnya sendiri Terdapat 3. Ya Kawasaki belum butuh Desmodromic dan Pneumatic Kepada menangani Hal beginian, Mereka Lagi berupaya mencari solisi dari sisi teknis Material/ bahan dulu . . . kebayang mereka begitu percaya diri di WSBK
Mengenai Pistonnya sendiri memang Yaaa cukup kecil . . kebayang 250 cc dibagi empat itu 60-an cc per silinder. Ukurannya sendiri juga mungil dan bahkan lebih mungil dari Ukuran Piston dari Honda C70 yakni dengan Bore 5 cm dan Stroke 3,18 cm . . sengaja liputanindo pake satuan cm biar bro sekalian kebayang langsung betapa kecilnya piston ini 😀
Oh ya mengenai spek Diameter klepnya. Kepada Klep In yang berjumlah dua per silinder diameternya adalah 18,9 mm sementara Klep Exhaust yang juga diletakkan sepasang di tiap Silindernya Mempunyai ukuran diameter lebih kecil yakni 15,9 mm dengan bahan material yang sama yakni Inconel yakni salah satu Superalloy yang dibuat dari campuran basis nikel (Mayoritas/ bahan dasarnya adalah Nikel) dengan tambahan kandungan unsur Chrom (Cr) dan Besi (Fe). Inconel ini Kuat terhadap tekanan dan Juga tahan panas.
Nah Gambaran selanjutnya adalah Model jalur Asupan Udara dari RAM AIR depan yang dialirkan melalui samping kiri motor Lewat masuk ke Box filter udara yang terletak diatas kepala silinder. Terlihat disana Terdapat filter Udara, dan menurut Pengusutan liputanindo ke salah satu workshop Danne Motor di Bogor, dimensi Filter udara ZX-25R ini persis sama dengan yang dimiliki Ninja 250 generasi terakhir . . so ini artinya part after market dari filternya pun disinyalir akan sudah banyak seperti misalnya Bisa Guna dari K&N dan Ferrox.
Lewat sobat Bisa lihat itu Lubang Inlet udara ke Throttle bodynya Mempunyai panjang yang berbeda. Cek deh Apabila diukur dari kiri itu Inlet nomor 3 hadir paling tinggi . . yang jadi pertanyaan ini Gunakannya Buat apa ? Kepada soal ini liputanindo tanya ke Mas Imam Budiarjo blogger suhu teknis pengasuh akun IG @tuneup.858 dan menurut beliau itu lebih ke setingan Bunyi, akustik yang mau didapat Begitu mesin bekerja, lebih Kepada kenyamanan/ feeling pengendara.
Perbedaan panjangnya diukur berdasarkan Interferensi frekuensi sehingga menghasilkan Bunyi Intake yang bagus. Kepada hal ini sobat Bisa tempelin Telinga sobat sekalian di Mulut Ram air Ninja ZX-25R Begitu motor ini menyala dan dibejek dalam Throtel gasnya . . dan setelah mendengar Bunyi apa yang hadir dari dalam sana maka sobat sekalian akan mengerti apa yang dimaksud oleh mas Imam ini. Detail banget kawasaki Tamat Masalah ginian diperhatikan 😀
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo