Direktur Esensial BRI Life Aris Hartanto. Foto: dok BRI Life.
Jakarta: Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, pertumbuhan Annualized Premium Equivalent (APE) Tiba Desember 2024 PT Asuransi BRI Life (BRI Life) tetap menunjukkan performa solid. Perseroan mempertahankan posisi nomor satu di bisnis bancassurance, dan posisi ini Lanjut bertahan selama tiga tahun terakhir dari 2022.
BRI Life mencatatkan total APE di 2024 mencapai Nomor Rp3,416 triliun dengan pertumbuhan 11 persen year on year (yey), dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp3,077 triliun. Prestasi ini mencerminkan strategi bisnis yang efektif dan optimal serta sinergi yang kuat dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) sebagai induk BRI Life, dalam menyediakan solusi perlindungan finansial terbaik bagi nasabah melalui jaringan perbankan yang luas dengan strategi distribusi yang inovatif.
Bisnis bancassurance di 2024 juga mencatat Bagian bisnis terbesar yakni Sekeliling 88 persen dengan pertumbuhan 18,4 persen (yoy) menjadi Rp3,0 triliun. Pertumbuhan APE sepanjang 2024 tersebut menegaskan posisi Asuransi BRI Life di industri asuransi jiwa nasional.
“Keberhasilan ini didukung oleh kerja sama strategi bisnis yang efektif dengan Kenalan dan Penemuan dalam pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta bukti Konkret dari kepercayaan nasabah dan kekuatan kemitraan dengan perbankan dalam hal ini BRI,” ujar Direktur Esensial BRI Life Aris Hartanto, dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Maret 2025.
Ilustrasi. Foto: Freepik
Posisi APE BRI Life di Industri Asuransi Jiwa
Berdasarkan Overall Market Positioning-APE 2024 industri asuransi jiwa, BRI Life berhasil naik peringkat dari posisi ketiga menjadi posisi kedua, dengan peningkatan market share sebesar 9,3 persen dari sebelumnya sebesar 8,8 persen.
Berdasarkan pencapaian ini Aris Hartanto mengungkapkan pihaknya optimis dengan pertumbuhan portofolio produk-produk Perlindungan BRI Life yang sudah sesuai dengan kebutuhan perlindungan asuransi jiwa Buat setiap segmen nasabah di BRI.
“Buat segmen mikro, kami Lanjut mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran produk asuransi jiwa mikro. Kami juga Lanjut mendorong proses yang Bagus Buat pemasaran produk di segmen menengah dan prioritas, dengan menghadirkan produk asuransi yang lebih Luwes dan sesuai dengan kebutuhan pasar,” ungkap dia.
Sejalan dengan itu, BRI Life juga memegang komitmen Buat Lanjut memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, serta mendukung kebijakan regulator dalam memperluas penetrasi asuransi di Indonesia, dengan memperkuat jalur distribusi melalui tenaga pemasar dan Kenalan perbankan, memperluas kemitraan bancassurance, dan mengadopsi teknologi guna meningkatkan akses terhadap asuransi yang berkelanjutan.