Pertambangan Cerdas Adopsi Teknologi Kecerdasan Buatan

Pertambangan Cerdas Adopsi Teknologi Kecerdasan Buatan
Ilustrasi.(Freepik)

PENERAPAN smart mining atau pertambangan cerdas melalui adopsi teknologi terkini seperti kecerdasan buatan, machine learning, dan robotic. Ini dterapkan Mind Id dalam memperkuat produktivitas, efisiensi, dan mitigasi risiko.

Head of ICT & Digitalization BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia itu, Widiya Kumoro, menyampaikan perusahaan sebagai strategic active holding mendorong penerapan smart mining di setiap operasional anggotanya. Hal ini selaras dengan arahan pemerintah agar data terus mendorong pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan seluruh bisnis BUMN.

Adopsi teknologi itu tergolong masif digunakan oleh anggota holding seperti Aneka Tambang, Bukit Asam, Freeport Indonesia, Indonesia Asahan Aluminium, Timah, Freeport Indonesia, dan Vale Indonesia. Dalam operasional pertambangan, sudah banyak mesin yang dikendalikan dari jarak jauh dengan berbagai sensor yang membantu operator dalam mengenali potensi kandungan mineral sekaligus risiko yang dapat terjadi di lapangan.

Cek Artikel:  6 Daftar Harga iPhone Terbaru di Bulan Agustus 2024, Mulai dari Rp 5 Jutaan

Teknologi juga banyak membantu perusahaan dalam merekomendasi waktu perawatan mesin dan peralatan. Karenanya, tim operator dapat selalu menjaga tingkat operasional pertambangan, pemurnian, dan pengolahan mineral tambang selalu dalam level yang optimal. (Z-2)

Mungkin Anda Menyukai