Keutamaan Puasa Nabi Idris, Berikut Maksud dan Niatnya

Keutamaan Puasa Nabi Idris, Berikut Makna dan Niatnya
Berikut keutamaan Puasa Nabi Idris(freepik)

PUASA Nabi Idris adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan oleh Nabi Idris AS. Jikapun tidak banyak riwayat spesifik mengenai tata cara dan keutamaannya dibandingkan puasa-puasa sunnah lainnya.

Tetapi secara umum, puasa yang dilakukan oleh Nabi Idris memiliki beberapa keutamaan yang sejalan dengan prinsip ibadah puasa dalam Islam.

Beberapa keutamaan yang dapat diambil dari puasa secara umum, termasuk puasa Nabi Idris.

Baca juga : Apa Itu Puasa Nabi Idris? Berikut Niat dan Maksud Amalannya

Keutamaan Puasa Nabi Idris

  • Meningkatkan Ketaqwaan: Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an (QS. Al-Baqarah: 183), puasa adalah ibadah yang mendekatkan seorang hamba kepada Allah dan meningkatkan rasa taqwa.
  • Mengendalikan Hawa Nafsu: Puasa membantu seseorang untuk menahan hawa nafsu dan lebih disiplin, baik secara fisik maupun mental.
  • Pahala yang Berlipat Ganda: Menjalankan puasa sunnah termasuk bentuk ibadah yang akan mendapatkan pahala tambahan dari Allah SWT. Taatp amalan sunnah yang dilakukan dengan ikhlas mendekatkan diri kepada Allah dan menjadi penambah kebaikan.
  • Kesehatan Jasmani dan Rohani: Selain sebagai ibadah, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Secara jasmani, puasa membantu detoksifikasi tubuh, dan secara rohani, mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Doa dan Ampunan: Seperti halnya puasa-puasa lainnya, puasa Nabi Idris diyakini dapat menjadi salah satu cara untuk memohon ampunan dari Allah dan memperbanyak doa.
Cek Artikel:  BNPB Rancang Panduan Pemulihan Pascabencana

Jikapun detail tentang puasa Nabi Idris tidak banyak diulas dalam sumber-sumber Islam, melaksanakan puasa dengan niat yang benar dan ikhlas akan mendatangkan keutamaan yang besar bagi pelakunya.

Jikapun tidak ada dalil yang secara khusus menyebutkan tata cara atau niat yang detail tentang puasa ini, maknanya bisa diambil dari kesungguhan Nabi Idris dalam beribadah, terutama dalam mengendalikan diri melalui puasa.

Maksud Puasa Nabi Idris

  • Melatih Kesabaran dan Ketakwaan: Nabi Idris dikenal sebagai sosok yang sangat sabar dan bertakwa. Puasa merupakan sarana untuk melatih kesabaran, menahan diri dari nafsu, dan mendekatkan diri kepada Allah.
  • Bentuk Syukur kepada Allah: Dengan berpuasa, seseorang dapat mensyukuri nikmat Allah, baik berupa nikmat jasmani seperti makanan dan minuman, maupun nikmat rohani berupa ketenangan hati dan iman.
  • Meneladani Kesalehan Nabi Idris: Nabi Idris AS adalah nabi yang sangat taat kepada Allah dan menghabiskan waktunya dalam ketaatan dan ibadah. Melaksanakan puasa yang didasarkan pada teladan Nabi Idris berarti mengikuti jejak seorang hamba yang dicintai Allah.
Cek Artikel:  MTQ Ajang Silaturahmi dan Konsolidasi Umat Islam Indonesia

Niat Puasa Nabi Idris

Bacaan Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin

Nawaitu shauma sunnata Nabiyyi Idris lillahi ta’ala.

Definisinya

Saya berniat puasa sunnah Nabi Idris karena Allah Ta’ala.

Niat ini adalah bentuk kesadaran untuk melaksanakan puasa sunnah dengan tujuan mendapatkan ridha Allah dan meneladani Nabi Idris AS. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai