liputanindo.com – Rencananya, esok di Copot 5 Desember 2024 PT. Astra Honda Motor akan merilis seri pertama dari produk edisi spesial yang mungkin akan dinamakan Honda Beat X One Piece Tahilalats. Sebuah produk yang Kepada artikel kali ini menarik buat liputanindo dilihat dari segi strategi marketingnya. Sebelum ini Terdapat beberapa brand yang berkolaborasi dengan One Piece salah satunya adalah helm KYT Elsico × One Piece.
One Piece adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Serial ini mengikuti petualangan Monkey D. Luffy Sang Bajak Laut Topi Jerami dan krunya, Begitu ia menjelajahi Grand Line Kepada mencari harta karun mistis yang dikenal sebagai “One Piece” Kepada menjadi raja bajak laut berikutnya.
Tahilalats adalah brand yang dibuat oleh komikus bernama Asli Nurfadli Mursyid sejak debut di 2014 dalam laman Instagram, ceritain tentang kejadian sehari-hari sarat komedi. Tahilalats dapat apresiasi positif dari pencinta komik digital dan juga merilis karyanya di Webtoon dengan total pembaca 1,3 miliar.
Pada Copot 11 Juni 2024 yang Lampau, akun Instagram Tahilalats membagikan info bahwa One Piece akan merayakan hari jadi mereka Serempak kreator asal Indonesia, Nurfadli Mursyid. Serial anime One Piece menggaet Tahilalats Kepada berkolaborasi dalam rangka 25 tahun anniversary One Piece Animation.
Kolaborasi ini menampilkan kombinasi Asik antara Kepribadian petualangan legendaris Luffy dan kru Bajak Laut Topi Jerami dengan Kepribadian komik Tahilalats.
Nakama Wajib Tau! BeAT Luffy One Piece Akhirnya Rilis! 🏴☠️
Koleksi BeAT Special Edition siap bawa Brosis berpetualang Serempak Kru Topi jerami!💨 pic.twitter.com/rQjbXZfIFB
— welovehonda (@welovehonda) December 3, 2024
Yes, sepertinya baru kali ini Astra Honda Motor mencoba menggulirkan strategi baru yang Dapat jadi merupakan bentuk empirik dari “Branding Collaboration Strategy” yang liputanindo Serius bahwa ujung-ujungnya tetap dimuarakan pada tujuan Kepada membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menciptakan Kelebihan kompetitif produk di pasar.
Branding collaboration atau kolaborasi brand sendiri adalah strategi di mana dua atau lebih brand bekerja sama Kepada menciptakan nilai/value yang lebih besar bagi masing-masing pihak. Kolaborasi ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari kampanye pemasaran Serempak hingga pengembangan produk kolaboratif seperti yang akan kita lihat esok di Honda Beat X One Piece Tahilalats.
Biasanya stretegi ini Normal dilakukan antara brand yang Mempunyai Sasaran pasar yang sama, atau brand yang Mau memperluas jangkauan pasar mereka ke segmen yang belum terjangkau.
Ketika Honda, One Piece dan Tahilalats berkolaborasi, mereka dapat memanfaatkan basis konsumen satu sama lain, memperkenalkan produk kepada konsumen baru yang mungkin belum terjangkau sebelumnya. Hal ini membantu dalam memperluas eksposur kedua brand di pasar.
Ketika Honda, One Piece dan Tahilalats berkolaborasi dimana keduanya Mempunyai reputasi Bagus dan dihormati oleh konsumen, hal ini dapat menciptakan persepsi bahwa masing-masing juga layak Kepada dipercaya oleh pangsa konsumennya masing-masing. Ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas kedua brand.
Honda Beat Mempunyai kredibilitas sebagai produk yang Bagus di mata konsumen sebagai motor paling Laris manis di Indonesia, One Piece & Tahilalats Mempunyai kredibilitas menampilkan grafis yang menghibur. Kolaborasi seringkali mendorong terjadinya Hasil karya.
Dengan menggabungkan keahlian dari dua brand yang berbeda, dapat menciptakan produk atau layanan baru yang lebih menarik bagi konsumen. Cek saja bentuk Beat X One Piece Tahilalats. Belum pernah Terdapat produk seperti ini di Beat pada model sebelumnya.
Dan yang juga cukup bikin kepo adalah sepertinya perjalanan kolaborasi ini Enggak bersifat short term. Sepertinya akan Terdapat beberapa seri/episode lainnya yang akan ‘dicicil’ oleh AHM Kepada Beat di masa mendatang. Hmmm strategi menarik Kepada tetap menjaga awareness publik terhadap varian produk sepeda motor ‘jutaan umat’ ini.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo