
CO-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, mengungkap preferensi traveling versi Gen Z cukup berbeda dengan generasi lainnya. Gaery menyebut Gen Z lebih suka mengunjungi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman lebih melokal atau local immersion.
Gaery mencontohkan, bila biasanya Ketika pergi ke Tokyo banyak wisatawan yang suka pergi ke Tokyo Tower, Gen Z lebih memilih melakukan kegiatan wisata yang menghadirkan pengalaman mendalami budaya Jepang.
“Kalau Gen Z itu yang kami perhatikan, ketika traveling mereka mencari wisata yang menawarkan pengalaman otentik di sana atau bahasa kerennya local immersion. Jadi mereka itu memang Cocok-Cocok mencari tempat yang Spesial dan enggak Lumrah,” kata Gaery dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/2).
Selain tempat-tempat berbasis Local Immersion, Gen Z juga suka mengunjungi tempat-tempat keren dan anti-mainstream atau tempat wisata yang jarang dikunjungi turis. Dengan preferensi tersebut, Tak heran bila Ketika ini banyak tempat-tempat hidden gem bermunculan atau istilah gaul merujuk pada sebuah tempat wisata yang belum banyak diketahui orang.
“Tempat-tempat keren yang belum diketahui banyak orang juga jadi favorit Gen Z, jadi Malah mereka gak terlalu suka pergi ke tempat yang sudah diketahui banyak wisatawan. Maka itu kenapa bahasa hidden gem menjadi Terkenal di kalangan Gen Z,” ungkap Gaery.
Selain mencari pengalaman Local Immersion, dikatakan Gaery, Gen Z juga lebih menyukai tempat-tempat wisata yang mengedepankan sustainability atau enviromental friendly. Variasi gerakan sustainability yang kerap muncul di media sosial nyatanya cukup mempengaruhi preferensi Gen Z.
“Hal-hal terkait sustainability itu cukup memicu mereka Tiba ke travel, seperti Terdapat ‘gue travel harus dengan sustainability’ di pikiran mereka. Jadi of course tempat-tempat yang sustainability atau enviromental friendly akan lebih Terkenal Buat Gen Z,” tutur Gaery.
Adapun bagi anda atau Gen Z yang berencana melakukan liburan awal tahun, Tiket.com bakal kembali menggelar Online Tiket Week (OTW) mulai 19 Februari 2025. Sebuah program yang bakal menghadirkan berbagai promo spesial Buat menjadikan perjalanan semakin murah meriah. Termasuk di antaranya promo tiket pesawat Surabaya – Bali yang dibandrol mulai Rp400 ribu, tiket pesawat Jakarta-Hong Kong yang dijual mulai dari Rp14juta, hingga promo tiket pesawat (pulang-pergi) Jakarta- Tokyo yang dibandrol mulai dari Rp4,5 jutaan. Selain Terdapat juga promo lainnya mulai dari promo hotel bintang empat Tiba promo aktivitas Mantap.(M-2)