Hari Nasi Goreng Nasional Sejarah, Fakta Menarik, dan Variasi Lezat Nasi Goreng di Indonesia

Hari Nasi Goreng Nasional: Sejarah, Fakta Menarik, dan Variasi Lezat Nasi Goreng di Indonesia
Hari Nasi Goreng Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 September merayakan salah satu hidangan paling ikonik di dunia.(Dok.MI)

SETIAP orang memiliki versi nasi goreng kesukaan mereka. Jenis nasi goreng yang beragam tak heran bila makanan ini memiliki hari perayaannya tersendiri. Akuratnya 20 September, dirayakan sebagai hari Nasi Goreng. 

Nasi goreng menjadi pusat perhatian hari ini karena rasanya memikat hati dan membuat kita ingin lebih.

Sejarah Hari Nasi Goreng Nasional

Nasi goreng pertama kali muncul pada masa Dinasti Sui di Tiongkok dan, akibatnya, semua versi makanan lezat ini berasal dari nasi goreng Tiongkok. Nasi goreng adalah hidangan nasional Malaysia dan Indonesia dan banyak disajikan dalam masakan Asia Selatan, Tenggara, dan Timur. Nasi goreng adalah hidangan rumahan yang umum dengan beberapa variasi karena dapat dibuat menggunakan bahan-bahan dari hidangan lain.

Baca juga : Si Teri Medan Penggugah Selera Indonesia

Restoran teppanyaki Jepang pertama, Benihana, menyelenggarakan Hari Nasi Goreng pada 2018 untuk merayakan hidangan yang sangat digemari ini. Bagi banyak orang, nasi goreng bukan sekadar lauk untuk dinikmati, tetapi juga makanan yang mengenyangkan dengan cita rasa yang menggugah selera. 

Benihana telah menyajikan nasi gorengnya yang terkenal selama lebih dari 50 tahun kepada para pencinta makanan dari berbagai generasi di seluruh negeri. Hidangan lezat ini merupakan hidangan yang digemari di seluruh dunia.

Nasi goreng Hokkien dan Yangzhou merupakan variasi populer dari hidangan ini di Tiongkok Raya. Orang Jepang memiliki turunan nasi goreng Tiongkok yang disebut ‘chahan.’ Asia Tenggara menawarkan variasi nasi goreng serupa dari Malaysia, Singapura, dan Indonesia (‘Thai Khao phat’ dan ‘nasi goreng’), yang merupakan hidangan populer.

Baca juga : Perluas Jangkauan Konsumen, Kompormie Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Restoran-restoran di dunia Barat sejak saat itu telah menciptakan versi nasi goreng mereka sendiri. Menu vegetarian mencakup hidangan istimewa seperti nasi goreng telur. Banyak restoran Amerika yang menyajikan masakan tanpa tradisi asli dari suatu hidangan juga memasukkan nasi goreng dalam menu mereka. Terdapat beberapa jenis nasi goreng Amerika Latin, termasuk ‘arroz mamposteao’ dari Puerto Riko, ‘arroz chaufa’ dari Peru, ‘arroz frito’ dari Kuba, dan ‘chaulafan’ dari Ekuador.

Cek Artikel:  Kedai JapIndo Halal Hadir di Kota Kembang Bandung

Timeline Hari Nasi Goreng Nasional

  • 589–618 M: Nasi goreng pertama kali muncul di Cina pada masa Dinasti Sui.
  • Mengertin 1964: Restoran Benihana pertama dibuka.
  • Mengertin 2018: Benihana memecahkan rekor dunia untuk maraton memasak terpanjang.
  • Mengertin 2018: Benihana memperkenalkan Hari Nasi Goreng Nasional.

Langkah Merayakan Hari Nasi Goreng Nasional

Membikin hidangan rumahan atau makan di luar

Buat nasi goreng versi kesukaan Anda untuk dinikmati di rumah. Anda juga bisa pergi ke Benihana terdekat dan menyantapnya bersama teman dan keluarga.

Terdapatkan pesta nasi

Terdapatkan pesta untuk diri sendiri, kenapa tidak? Undang teman-teman Anda dan makan nasi goreng sepuasnya.

Baca juga : Wahyoo dan Livin’ by Independen Kembali Gelar Sayembarasa untuk Pelaku UMKM Hidangan

Bagikan resep Anda

Bagikan resep nasi goreng favorit Anda atau ajari seseorang cara membuat hidangan ini. Bagikan hidangan Anda di media sosial dengan tagar #NationalFriedRiceDay.

5 Fakta Tentang Nasi Goreng yang Akan Membikin Anda Tercengang

Kagak ada sisa

Nasi goreng mungkin diciptakan sebagai sarana mengawetkan sisa nasi sesuai dengan adat masyarakat Cina untuk tidak membuang-buang makanan.

Itu banyak sekali nasinya

Sejak restoran ini pertama kali didirikan, Benihana telah menyediakan sekitar 2.720.350 pon beras setiap tahun.

Baca juga : Marc Marquez dan Pol Espargaro Rupanya Suka Nasi Goreng

Dinamakan berdasarkan bunga

Nama ‘Benihana’ dalam bahasa Jepang berarti ‘bunga kesumba merah’ dan kebetulan merupakan nama kedai kopi yang dimiliki oleh orang tua Hiroaki Aoki (pendiri Benihana) di Tokyo.

Awal yang sederhana

Pemilik Benihana, Hiroaki Aoki, adalah seorang pegulat di tim gulat Jepang pada Olimpiade 1960.

Mengemas pound

Kalori dalam satu porsi nasi goreng setara dengan setengah cangkir es krim.

Cek Artikel:  Sambut Puluhan Raja dan Sultan se-Nusantara, Kota Padang Gelar Makan Bajamba Penuh Tradisi

Jenis-Jenis Nasi Goreng Top di Indonesia

Nasi Goreng Gila

Nasi goreng gila atau nasi goreng ‘gila’ adalah salah satu sajian nasi goreng modifikasi terbaik yang pernah ada. Mengapa? Karena nasi goreng ini memiliki rasa pedas yang ekstrem yang akan membakar lidah Anda!

Selain itu, nasi goreng gila juga terjangkau. Buat tingkat kepedasannya, Anda dapat memilih, apakah ingin tidak pedas, sedang pedas, atau sangat pedas. Selain terkenal dengan rasa pedasnya, nasi goreng gila juga terkenal karena porsinya yang melimpah beserta toppingnya.

Nasi Goreng Kambing (Nasi Goreng Daging Kambing)

Nasi goreng kambing dibuat dengan cara menggoreng daging kambing. Daging kambing dipotong dadu besar dan digoreng bersama nasi dan kecap asin. Sebelum digoreng bersama nasi, daging kambing direndam dengan beberapa rempah-rempah dan herba untuk memberikan cita rasa yang nikmat.

Kekuatan hidangan ini terletak pada daging kambingnya sendiri yang memberikan aroma dan rasa yang nikmat. Anda juga bisa memasak hidangan ini di rumah karena cukup mudah dan praktis. Tetapi, jika Anda tidak ingin membuatnya, Anda bisa menemukan hidangan ini di pedagang kaki lima atau restoran terdekat.

Nasi Goreng Ikan Asin (Nasi Goreng Ikan Asin)

Nasi goreng ini bisa jadi hidangan favorit siapa saja. Nasi goreng ikan asin dibuat dengan nasi goreng, telur, dan ikan asin. Ikan asin yang umum digunakan dalam hidangan ini adalah ikan teri dan ikan kod. Sesuai namanya, hidangan ini dikenal dengan rasa asin dan gurih dari ikannya.

Yang membuatnya berbeda dari nasi goreng biasa adalah nasi goreng ini tidak menggunakan kecap asin. Sebagai gantinya, nasi goreng ini menggunakan saus tiram untuk membumbui hidangan ini. 

Nasi Goreng Spesial

Nasi goreng spesial mungkin merupakan jenis nasi goreng yang paling umum ditemukan di restoran mana pun. Banyak restoran yang menyajikan hidangan ini dalam menu mereka.

Cek Artikel:  Lalu Berekspansi, Dapur Solo Buka Gerai Ketiga di Bandung

Nasi goreng spesial terkenal dengan telur mata sapi yang ditaruh di atas nasi. Menu ini juga menjadi menu favorit anak-anak karena sederhana dan lezat. Anda juga bisa meminta nasi goreng tanpa rasa pedas.

Hidangan ini dinamakan ‘istimewa’ karena memiliki banyak topping dan bumbu, sehingga sangat nikmat untuk disantap. Toppingnya adalah ayam, sosis, bakso, kerupuk, dan telur mata sapi. Nasi goreng istimewa juga dianggap sebagai salah satu makanan favorit penduduk setempat.

Nasi Goreng Kebuli 

Nasi goreng kebuli adalah jenis nasi goreng Indonesia lainnya yang dipengaruhi oleh budaya India dan Timur Tengah. Yang istimewa dari nasi goreng ini adalah bumbunya, yang menggunakan bumbu dasar Biryani India. Bumbu dasar ini dimasak dengan berbagai macam rempah, seperti lada hitam, cengkeh, kayu manis, jahe, pala, bawang merah, bawang putih, dan jintan. Resep asli nasi goreng kebuli menggunakan nasi goreng, daging kambing, kaldu, air, dan susu. Rasa hidangan ini berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. 

Nasi Goreng Babat

Nasi goreng babat merupakan sajian kuliner khas Semarang yang disukai banyak orang. Berbeda dengan nasi goreng Jawa pada umumnya, jenis nasi goreng ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dicampur dengan babat sapi. Jadi rasanya lebih kuat dan lebih nikmat disantap saat masih hangat.

Meskipun menggunakan babat sebagai pelengkap, Anda tidak akan mencium bau amis. Rasanya pasti lezat dan menggugah selera.

Nasi Goreng Jawa

Pada nasi goreng Jawa, biasanya bumbu yang paling dominan adalah bumbu manis dan gurih. Alasan, nasi goreng Jawa umumnya menggunakan kecap manis sebagai bahan bumbu utama. Isian atau toppingnya sendiri cukup bervariasi, mulai dari daging ayam suwir, telur orak-arik, aneka sayuran, dan topping lainnya sesuai selera. (National Today/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai