Tahukah Engkau : Ducati pernah gagal Membikin Mesin Triple Sejajar

liputanindo.com – Mindset nama Ducati selalu dikaitkan dengan satu desain dan Platform mesin yakni Tanda khas mereka V 90º “L-twin ” Kecuali Buat motor balap MotoGP bertenaga mesin V-4. Tetapi Engkau juga Niscaya Paham bahwa Selain V-Twin 90 atau L Twin ini, Ducati Juga sempat mengembangkan mesin dua tak, Mesin satu silinder Supermono, Mesin V dengan silinder lebih dari 4 dan Platform mesin yang Ketika ini sering dipakai MV Agusta, triumph dan Juga Yamaha 700-an cc Yakni Mesin tiga silinder segaris . . Berikut ini kisahnya  . .

Dikisahkan Oleh Naskah Ducati Desmodue : Ketika Ducati bersiap Buat kembali memasuki balapan Grand Prix pada awal 1970-an setelah absen selama 10 tahun, Ducati mengembangkan dua mesin terpisah: V-twin 500cc rakitan In-House Ducati Di Bologna dan sebuah mesin  triple inline 350cc yang pengerjaan rancang-bangunnya di-sub ke perusahaan teknik asal Inggris, Ricardo. Kedua Mesin ini dibangun secara Paralel dengan tujuan Spesifik yakni Buat mengalahkan Penguasaan Mesin MV Agusta yang Ketika itu dikendarai oleh Giacomo Agostini.

Cek Artikel:  Rumor : KMI akan rilis produk anyar 22 Januari 2022 ini, Versys 650 Baru ?

Didesain insinyur Ricardo, Martin Ford-Dunne, sangat canggih dalam segala hal, menggabungkan pendinginan cairan dan Infus bahan bakar mekanis. Dual Overhead Cam yang digerakkan dengan belt mengoperasikan pergerakan empat Tutup per silinder. menggunakan kopling kering dan gear Box tujuh kecepatan yang dipasang di bagian belakang mesin, Mesin Triple ini direkayasa Buat Dapat Terjamin dipakai pada putaran setinggi 18.250 rpm. Suaranya dilaporkan luar Normal, dengan port pembuangan terpisah yang di-split menjadi enam header terpisah berdiameter kecil.

Ducati Ricardo Triple dirancang di Inggris dan dibangun di Bologna di Dasar arahan Bruno Tumidei dimana Taglioni dilaporkan Bukan Ingin berurusan dengan desain mesin sejajar.  Tumidei berharap mesinnya akan menghasilkan 80 hp, tetapi hasil awal mengecewakan, menghasilkan 30 bhp yang menyedihkan. Bahkan setelah Infus bahan bakar diganti dengan karburator yang lebih andal, outputnya hanya naik menjadi 50 bhp.

Cek Artikel:  Reiterberger Bawa BMW Tercepat H-1 #BuriramTest ASB1000 ARRC 2023 . . Andi Gilang P5

Bilangan Bilangan ini buat ducati Hanya bahwa mesin ini hanya dapat menyiratkan 67 bhp Apabila ‘dipaksa’ Buat dijadikan 4 Inline  . . . sebuah Bilangan yang 30-an bhp lebih kecil dari mesin MV Agusta. Sementara Mesin Rancangan Taglioni sudah mencapai 69 bhp hanya dengan konfigurasi dua silinder L dengan driveterain Desmodromic. Proyek yang gagal tersebut akhirnya dibatalkan pada akhir tahun 1972.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai