Yamaha Indonesia nggak hanya sekedar ‘ Jualan ‘ Yamaha WR155R

liputanindo.com – Beberapa hari yang Lampau liputanindo menghadiri undangan YIMM dalam sebuah acara bertajuk “Media – Blogger Experience Yamaha WR155R” . Dan jujur, via Langkah ini lah terbuka mindset kami bahwa selama ini Rupanya Yamaha Tak hanya ‘jual putus’ sosok motor Yamaha WR155R ini ke konsumen, Eksis semacam kegiatan aftersales yang mereka lakukan, bukan hanya soal perawatan motornya, Tetapi pembekalan riding skill kepada konsumennya sendiri.

Seperti kita ketahui motor motor dual purpose/trail seperti Yamaha WR155R ini adalah sebuah sosok motor yang “berbeda” dibandingkan dengan motor motor ‘konvensional’ yang Eksis di jalan Bagus itu skutik komuter, Maxi Scooter, maupun motor sport standar/sport. Dari bentuknya yang tinggi penggunaan ban yang Tertentu membuatnya berbeda dan Rupanya memang Betul Langkah bawanya pun berbeda. Jangankan soal Langkah bawanya, Langkah naik ke atas motornya sendiri pun butuh trik Tertentu agar nyaman dan Terjamin terutama buat umumnya konsumen Indonesia yang punya tinggi 160-170 cm.

Yes dengan tinggi tempat duduk (seat height) 880 mm, mungkin WR155R ini termasuk salah satu motor standar trail 150-an cc tertinggi di Indonesia (CRF150L 869 mm, KLX150 BF 870 mm) dan memang butuh trik Tertentu Demi menaikinya. Sobat Pandai lihat di vlog bagaimana Yamaha Riding Academy nemberikan tips yang menurut liputanindo sangat ciamik dan Betul Betul terbukti berhasil dilakukan Demi naik ke atas motor walaupun jangkauan kaki liputanindo Hanya 750 mm.

Cek Artikel:  Herjun Pemenang Race 2 AP250 ARRC Sepang 2022

Langkah-langkah Langkah naik ke atas motor trail yang tinggi menurut YRA adalah :

Pegang motor di kedua setangnya Ketika berdiri di sebelah kiri motor,

  1. Masukan gear ke 1,
  2. Lepas side stand,
  3. Belokan setang full ke kanan,
  4. Agak miringkan motor ke kiri agar jok agak turun,
  5. Naik ke atas jok dari arah kiri motor,
  6. On-kan kunci kontak,
  7. Tekan kopling,
  8. Starter motor dalam keadaan kopling ditekan.

Dan motorpun siap jalan. Ini berhasil banget sob. Silahkan dicoba deh.

Lampau YRA juga mengajarkan Langkah turun yang Terjamin dan nyaman dengan WR155R. Buat temen-temen Pandai juga praktikan deh di motor-motor tinggi yang Eksis . . Caranya adalah :

  1. Berhenti dengan kondisi gear 1 dan kopling tertekan,
  2. Matikan mesin dengan memutar kunci Off dalam keadaan gear 1,
  3. Miringkan setang ke kanan full, turunkan kaki kiri Demi menumpu,
  4. Turun dari motor,
  5. Setelah kedua kaki berada di tanah dan berada di sisi kiri motor, pasang side stand,
  6. Miringkan setang ke kanan full Lampau kunci setang.

Asli . . . Langkah-Langkah di atas Betul-Betul berhasil banget, dan tentunya ini krusial karena naik dan turun dari motor trail ataupun motor apapun yang tinggi akan jadi salah satu kunci seseorang Pandai percaya diri naik motor setinggi ini !!

Cek Artikel:  TVS dan BMW perluas kerjasama ke Kendaraan Listrik

Dalam menggunakan motor trail seperti WR155R, adalah sangat Krusial menggunakan gaya berbelok Lean Out di mana posisi tubuh miring berlawanan dengan arah Kelok motor. Postur motor yang tinggi dan speed yang Tak rendah dengan jambakan torsi tinggilah yang menjadi Argumen kenapa Lean Out lebih efektif dibandingkan Lean In, dan Lean with The Bike. Selain itu juga YRA Betul-Betul memperhatikan peserta pelatihan dalam melakukan pengereman. Maksudnya menggunakan kombinasi rem depan belakang serta engine brake.

Pada pelatihan, YRA juga mengajari liputanindo bagaimana melakukan slalom diantara cone (trek rata) dengan Bagus dan Betul: berbelok kanan kiri dengan satu gear saja (gear 2) tanpa melakukan pengereman hanya mengandalkan Percepatan dengan satu ‘betotan instan’ di ujung tikungan, menjelang flip masuk ke tikungan seanjutnya dan engine brake saja. Dan Asli berhasil juga ini liputanindo lakukan.

Di seri terakhir YRA mengajarkan dan mempraktekkan bagaimana posisi tubuh Ketika menerabas jalan yang berkontur naik maupun yang menurun. Secara Biasa Ketika naik posisi tubuh seakan menginbangi motor dengan maju ke depan bahkan posisi kepala kita Pandai sedikit berada di depan handle bar yang ditujukan agar motor Tak wheelie Ketika menhajar jalanan menanjak ini.

Cek Artikel:  9 Rekomendasi Oli Motor Matic yang Bagus Buat Mesin

Begitu pula Ketika menurun dimana posisi tubuh cenderung agak mundur ke sadel jok bagian belakang. Dan asiknya, instruktur YRA Menyaksikan satu satu bagaimana peserta pelatihan melakukan apa yang diinstruksikan, Kalau salah maka akan langsung diberitahukan Demi segera di perbaiki pada kesempatan pengulangan berikutnya.

Intinya YRA dalam kampanye dan pelatihan ini Betul Betul sangat berdedikasi dalam membawa peserta latihannya Pandai membawa mindset mengendarai motor Dual purpose yang Betul Ketika mereka Segala pulang ke rumah masing-masing. Demi video Ketika memberikan pelatihan Pandai sobat lihat juga di link ini.

Yamaha mengatakan kegiatan ini sudah dari Oktober 2020 yang Lampau dilakukan rutin paling Tak sebulan dua kali Tertentu Demi konsumen WR155R Bagus di Jabodetabek maupun di tempat lain dan ini Jernih positif banget dimana konsumen nggak hanya lansgung dibawa langsung trabasan, Tetapi dibekali dulu dan diyakinkan dulu mereka punya bekal membawa motor yang punya trah dan Watak berbeda seperti WR155R ini . . . Oh ya di akhir sesi liputanindo sempat mencoba dua sirkuit yang Eksis di komplek latihan Cargloss Citeureup ini. Sirkuit Cross dan sirkuit Flat Track . . nantikan Videonya yah sob.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai