liputanindo.com – Aprilia Tuono V4 series model year 2021 mengalami perubahan/facelift yang cukup signifikan. Dan bahkan kita akan Menyaksikan Terdapat perbedaan yang cukup Terang antara Tuono V4 ‘standar’ yang didesain dengan fungsional lebih ke arah motor turing dengan Tuono V4 Factory yang Lagi menyimpan Tanda khas sport yang kental. Sebelum kita bahas perbedaan kedua versi ini, kita akan lihat dulu secara Lumrah apa yang diberikan Aprilia pada Tuono V4 series Bagus standar maupun Factory pada model 2021 ini.
![](http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/wp-content/uploads/2018/10/2018-aprilia-tuono-v4-facto.jpg)
![](http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/wp-content/uploads/2021/04/TuonoV4-Factory-2021-1.jpg)
Kita Dapat lihat dari dua foto di atas bahwa Aprilia Tuono V4 2021 mendapat upgrade fairing baru, mengikuti desain fairing dua layer yang sejalan dengan desain fairing dari Aprilia Tuono 660. Kita juga Dapat Menyaksikan model Aprilia Tuono V4 2021 mendapatkan swingarm aluminium underslung/underbrace baru yang juga Dapat kita lihat pertama kali kita lihat di RSV4 beberapa bulan Lewat. Selain itu desain spatbor depan, knalpot, cover engine dan buntut juga Mempunyai perubahan.
Mengenai dapur pacu, mesin 1.077cc, 65 °, V4 tetap Enggak berubah dari homologasi Euro5 sebelumnya. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 175hp (129 kW) dan torsi 89 lbs • ft (121 Nm). New Tuono V4 2021 juga memperoleh upgrade pada paket elektronik dengan hadirnya Aprilia Performance Ride Control (APRC) dengan ECU Magneti Marelli 11MP baru serta IMU enam axis dan tentunya penyempurnaan software.
Hasilnya dari upgrade elektronik ini adalah paket yang lebih Segera dan lebih cerdas Demi sistem elektronik, dimana sekarang mencangkup mencakup kontrol Engine Brake multi-level dan enam mode berkendara (tiga track dan tiga road).
Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel, Terdapat strategi positioning menarik di Aprilia Tuono V4 dimana versi standar hadir lebih berorientasi touring sementara Tuono V4 Versi factory lebih ke arah Street Fighter, dengan demikian, Aprilia Tuono V4 ‘standar’ membawa beberapa detail yang jauh lebih berfokus pada turing yang lebih nyaman Demi riding jarak jauh.
Kita Dapat Menyaksikan pada Tuono V4 standar hadir windshield yang lebih besar dengan jok belakang yang lebih besar dan pegangan (rear grab) di belakang. Suspensi Tuono V4 standar adalah tipe mekanis merek Sachs sementara suspensi elektronik semi-aktif Öhlins Terdapat di Tuono V4 Factory. Strategi ini Terang menarik, secara ekstrim Dapat Membikin seorang yang maniak Aprilia Dapat membeli dua-duanya karena kedua versi ini Mempunyai fungsionalitas yang berbeda.
Taufik of ButenZorg | @liputanindo