Karena implementasi sistem digital ini sangat terjangkau
Jakarta (ANTARA) – Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPP PUTRI) mulai mendigitalisasi usahanya guna menciptakan destinasi wisata yang Kondusif, nyaman, dan berkualitas sehingga Dapat menarik lebih banyak wisatawan.
DPP PUTRI menggandeng GEM Solution by GOERS Demi membantu anggotanya memanfaatkan teknologi digital.
“Kemitraan DPP PUTRI dengan GEM Solution by GOERS ini didorong dalam rangka PUTRI mendukung anggotanya Demi menyambut perkembangan teknologi, dan salah satunya dengan digitalisasi wisata rekreasi yang mereka kelola,” kata Hans Manansang, Ketua DPP PUTRI dalam siaran pers pada Senin.
Hans mengatakan digitalisasi sangat dibutuhkan Demi pengembangan, efisiensi dan kemajuan secara teknologi bagi Personil DPP PUTRI. “Hal ini juga sesuai dengan amanah dari Pak Menteri Sandiaga Uno agar pengelolaan destinasi wisata harus ditunjang dengan pemanfaatan teknologi Demi menciptakan destinasi wisata yang Kondusif, nyaman dan berkualitas.”
Lebih lanjut Hans mengatakan bahwa Tetap Eksis anggapan bahwa digitalisasi tempat wisata itu butuh investasi yang besar. Padahal, dengan sistem kemitraan yang dirancang oleh DPP PUTRI dan GEM Solution by GOERS, Anggaran investasi yang dibutuhkan Demi penggunaan teknologi digital Dapat diminimalkan.
GEM Solution by GOERS adalah solusi teknologi terintegrasi Demi manajemen pengelolaan reservasi, kunjungan dan ticketing bagi destinasi wisata-rekreasi. Lini business-to-business dari GOERS ini telah bekerja sama dengan lebih dari 50 destinasi wisata-rekreasi di Indonesia.
“Melalui kemitraan ini, kami Ingin mematahkan anggapan bahwa mendigitalisasi destinasi wisata itu sulit dan mahal. Dengan sistem manajemen pengelolaan digital yang terotomasi, pengelola destinasi wisata-rekreasi dapat meningkatkan efektivitas manajemen pengelolaan dengan investasi yang minim dan independen. Selain itu, pengontrolan venue dapat dilakukan dari jarak jauh,” kata Sammy Ramadhan, Co-founder & CEO, GOERS.
Kolaborasi teknologi ini membuka Kesempatan Demi mengintegrasikan data-data dari tempat rekreasi agar dapat terverifikasi, teranalisa dengan Bagus dan meminimalisir kebocoran pengelolaan. Data yang terkumpul nantinya dapat menjadi acuan dalam Membikin keputusan bisnis Demi menambahkan revenue dan mengurangi kerugian.
GEM solution by GOERS memberikan free trial sistem pengelolaan tiket digital bagi tempat rekreasi Personil PUTRI. Asosiasi ini gencar mengingatkan anggotanya Demi segera beralih dari sistem ticketing manual yang Mempunyai banyak kekurangan. Misalnya, sistem manual rentan terjadi kebocoran data & keuangan karena human error, kebocoran kunjungan karena pemalsuan tiket, keterbatasan dalam sistem pembayaran cashless, monitoring pengunjung, serta ketergantungan dengan pihak ketiga, seperti sales channel.
“Karena implementasi sistem digital ini sangat terjangkau, Personil PUTRI sebagai pengelola venue Dapat mengalokasikan Anggaran yang Eksis Demi hal lain. Misalnya, Demi sales, marketing atau pengembangan bisnis. Jadi, zero expense Demi mendigitalisasi destinasi wisata,” kata Hans.
DPP PUTRI Begitu ini menjadi rumah bagi sejumlah destinasi wisata unggulan Indonesia, seperti Taman Laut Bunaken, Lombok Wildlife Park, Taman Impian Jaya Ancol, Jawa Timur Park, Museum Keraton Yogyakarta. Begitu ini Personil PUTRI Eksis 17 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di tingkat provinsi, Yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.
“PUTRI Mempunyai peran besar dalam memajukan dunia pariwisata Indonesia dan menjadikan Indonesia menjadi primadona pariwisata yang unggul di Asia. Berbarengan-sama DPP dan DPD PUTRI, mari kita membangun kolaborasi yang apik agar pencapaian destinasi wisata menjadi pendorong ekonomi kreatif dapat tercapai,” kata Sammy.
Baca juga: Kemenparekraf dan OYO kolaborasi digitalisasi desa wisata