liputanindo.com – Perubahan besar terakhir Honda CRF250R terjadi di MY 2018 ketika motor kelas MX2 ini menggunakan mesin DOHC kembali yang dikombinasi dengan mapping esin yang Pandai pilih. CRF250R MY2019 memperoleh pengembangan intake dan knalpot, ditambah Launch Control HRC, kaliper rem depan yang direvisi, dan stang Renthal Fatbars yang dapat disesuaikan. Pada MY2020 CRF250R menghadirkan rangka dan lengan ayun yang sama dari kelas MXGP – CRF450R MY2019. Sekarang, Demi model 2022, CRF250R menerima peningkatan sasis yang diwarisi dari CRF450R MY2021 Demi mengejar peningkatan kemampuan dan kelincahan, ditambah torsi pada Rpm rendah yang lebih kuat Demi memaksimalkan kegunaan sasis baru dengan sebaik-baiknya.
Secara Lazim sasis dari CRF 250R MY 2022 adalah sasis dari CRF450 MY2021 yang diambil dari sasis yang dipakai oleh Tim Gajser ketika menjuarai MXGP 2020. RnD Honda berfikir, hal yang Bagus pada CRF450 hadir lebih Bagus di CRF250. Secara Lazim CRF250R MY2022 Mempunyai bobot Bersih 104kg, lebih ringan 3kg dari model sebelumnya.
Motor ini juga memperoleh update suspensi depan 49mm Showa USD dan suspensi belakang yang diperbaiki performanya. Jok sekarang lebih pendek, lebih ringan dan 10mm lebih rendah di bagian belakang, Demi membantu kebebasan bergerak pengendara.
Sudut rake dan trail pada MY2022 sebesar 7,2° /115mm lebih sempit dibandingkan MY2021 27,4° /116mm dengan jarak sumbu roda lebih pendek 1477mm (model sebelumnya 1486mm). Ground clearance naik 6mm menjadi 333mm, dan yoke Dasar sekarang 5,1mm lebih tinggi pada 927mm.
Di sektor mesin, secara Lazim piston Tetap sama, Tetapi air intake funnel dan velocity stack direvisi, box filter udara pun berkapasitas 78% lebih besar dari sebelumnya dimana sekarang berkapasitas 4,1L, sudut injektor sekarang diatur pada 60° (bukan 30°) dan lubang pembuangan dibuat lurus. Efisiensi dan pendinginan asupan udara ditingkatkan, filter udara juga lebih mudah diakses.
New CRF250R MY 2022 menggunakan muffler tunggal menggantikan muffler ganda dari model 2021. Sifatnya yang ringkas juga memungkinkan bodi yang lebih ramping dan menghemat 1,7kg dibandingkan model tahun sebelumnya. Lebih ringan, lebih bertenaga, lebih lincah di lintasan.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo
ENGINE | |
Type | Liquid-cooled 4-stroke single DOHC |
Displacement | 249.4cc |
Bore & Stroke | 79mm x 50.9mm |
Compression Ratio | 13.9:1 |
Oil Capacity | 1.35L |
FUEL SYSTEM | |
Carburation | Fuel injection |
Fuel Tank Capacity | 6.3 litres |
ELECTRICAL SYSTEM | |
Starter | Electric |
DRIVETRAIN | |
Clutch Type | Wet multiplate |
Transmission Type | Constant mesh |
Final Drive | Chain |
FRAME | |
Type | Aluminium twin tube |
CHASSIS | |
Dimensions (L´W´H) | 2,177 x 827 x 1,265mm |
Wheelbase | 1,477mm |
Caster Angle | 27.32 degrees |
Trail | 115mm |
Seat Height | 961mm |
Ground Clearance | 333mm |
Kerb Weight | 104kg |
SUSPENSION | |
Type Front | 49mm Showa (Hitachi Astemo, Ltd) coil-spring USD fork |
Type Rear | Showa (Hitachi Astemo, Ltd.) Mono shock with Honda Pro-Link |
WHEELS | |
Type Front | Aluminium spoke |
Type Rear | Aluminium spoke |
Tyres Front | 80/100-21 PIRELLI MX32 MIDSOFT |
Tyres Rear | 100/90-19 PIRELLI MX32 MIDSOFT |
BRAKES | |
Front | 260mm hydraulic wave disc |
Rear | 240mm hydraulic wave disc |