Bank Indonesia Didesak segera Pangkas Bangsa Kembang Acuan

Bank Indonesia Didesak segera Pangkas Suku Bunga Acuan
Ilustrasi(Antara)

Bank Indonesia didesak segera merelaksasi kebijakan suku bunga acuan atau BI Rate. Pasalnya berbagai indikator serta perkembangan ekonomi domestik maupun global telah membuka ruang bank sentral untuk melakukan pemangkasan.

Demikian disampaikan ekonom Institute for Development of Economincs and Finance (Indef) Eko Listiyanto dalam diskusi daring bertajuk Moneter dan Fiskal Ketat, Daya Beli Melarat, Kamis (12/9).

“Indef menyarankan, karena suku bunga tinggi dan ada kebutuhan menurunkan suku bunga segera, karena tanda global yang dikhawatirkan mulai mereda, bahasa sederhananya kita butuh penurunan suku bunga ini,” ujarnya.

Baca juga : Bank Indonesia Diprediksi Tahan Bangsa Kembang Acuan BI Rate di 6,25 Persen

Berbagai faktor yang dinilai membuka ruang BI untuk memangkas BI Rate ialah sinyal The Federal Reserve (The Fd) menurunkan Fed Fund Rate (FFR) kian kuat pada bulan ini. Itu dilandasi pada data ekonomi Amerika Perkumpulan yang cukup positif, hingga tingkat inflasi yang mengarah pada sasaran.

Cek Artikel:  Satgas Ungkap Intervensi Barang Impor Ilegal Senilai Rp20 Miliar

Kecenderungan penurunan FFR di bulan ini mestinya dipertimbangkan dengan baik oleh BI dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pekan depan. Pasalnya selama ini Gubernur dan Deputi Gubernur BI menjadikan perkembangan AS sebagai alasan untuk menahan BI Rate di angka 6,25%.

“Kita butuh sekali untuk segera menurunkan suku bunga, karena AS kasih sinyal kuat penurunan FFR, inflasi (AS) cenderung turun, dan ini bagus untuk kita. Penurunan pertama itu penting, kalau selanjutnya, market itu sudah bisa price in, yang pertama ini harus bisa dipastikan, untuk bisa menunjukkan independensi kalau kita tidak harus mengekor kebijakan global,” jelas Eko.

Baca juga : Bangsa Kembang AS Diyakini Turun pada Semester II 2024

Cek Artikel:  UU Ciptaker Dorong Anak Muda Perkuat Kewirausahaan dan Keterampilan Kerja

Unsur kedua yang dapat dijadikan pertimbangan bagi BI untuk menurunkan BI rate ialah tensi geopolitik global mulai melandai. Kendati ketengangan geopolitik belum stabil, namun tensi yang cenderung melandai merupakan momentum bagi bank sentral mengambil kebijakan suku bunga yang ekspansif.

Unsur ketiga ialah pergerakan nilai tukar dolar AS yang tak lagi tinggi. Itu dapat dilihat dari indeks dolar AS (DXY) yang saat ini cenderung stabil melambat di kisaran 100. Hal itu turut membuat nilai tukar rupiah bergerak menguat dalam beberapa waktu terakhir.

“Sekarang rupiah kita juga sudah mulai melandai di angka Rp15.400 (per dolar AS). Jadi semakin terlihat bahwa untuk merespons cepat memanfaatkan momentum ini menggerakkann perekonomian,” tutur Eko.

Baca juga : The Fed Naikkan Bangsa Kembang ke Level Tertinggi. Prediksi Safiri Salin Rupiah?

Unsur keempat yaitu posisi cadangan devisa Indonesia yang cukup tinggi, di kisaran US$150 miliar. Posisi itu, imbuh Eko, sekaligus menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Hal tersebut juga memperkuat dorongan bagi BI untuk segera menurunkan BI Rate.

Cek Artikel:  Presiden Jokowi Formalkan Pembangunan MRT Lintas Barat-Timur Fase 1

Ia menilai, relaksasi kebijakan moneter amat urgen. Itu karena keputusan BI pada BI Rate memengaruhi gairah sektor riil di Tanah Air. Biaya mahal di sektor riil tak luput dari kebijakan bunga acuan bank sentral yang cukup ketat, alias tinggi.

Pemangkasan BI Rate, kata Eko, dapat menjadi angin segar dan mendongkrak optimisme pelaku pasar maupun di sektor riil terhadap perekonomian ke depan. “Ini harus segera, kalau menunggu terus ini akan menghilangkan momentun. Kalau ada penurunan subung, tentu ada analisis internal BI, tapi kami mendorong karena secara umum ini bisa BI Rate turun,” jelasnya. (Z-11)

Mungkin Anda Menyukai