Telat Pangkas Bangsa Kembang, Ekonomi Indonesia Pandai Terpuruk

Telat Pangkas Suku Bunga, Ekonomi Indonesia Bisa Terpuruk
Ilustrasi(Antara)

Bank Indonesia didesak segera memangkan suku bunga acuan atau BI Rate. Itu harus dilakukan demi menghambat tanda-tanda pelambatan ekonomi yang kini sudah mulai muncul. 

“Jangan sampai, perekonomian Indonesia tumbuh di bawah 5% pada triwulan III 2024 lantaran BI terlambat memutuskan penurunan bunga acuan,” ujar ekonom Institute for Development of Economincs and Finance (Indef) Eko Listiyanto dalam diskusi daring bertajuk Moneter dan Fiskal Ketat, Daya Beli Melarat, Kamis (12/9).

Turunnya bunga acuan dinilai dapat membanjiri ekonomi dengan likuiditas. Banjirnya likuiditas akan menarik pergerakan sektor riil yang berimplikasi pada geliat perekonomian. Karenanya, alih-alih hanya mengamankan sektor keuangan, kebijakan BI juga mesti ditujukan untuk mendongkrak kinerja sektor riil.

Cek Artikel:  Waspadai Penipuan Online, 5 Tips Kondusif Bertransaksi di Era Digital

Baca juga : Bank Indonesia Didesak segera Pangkas Bangsa Kembang Acuan

“Kami melihat cuan terbaik itu yang mengalir ke sektor riil, diputar kembali ke pereknomian, bukan hanya disimpan di sektor keuangan. Ini dibutuhkan untuk ekonomi saat ini, itu harus dari pembuat kebijakan,” tutur Eko.

Elemen lain yang mestinya dijadikan pertimbangan BI memangkas suku bunga ialah transisi pemerintahan yang berjalan dengan mulus. Eko menilai itu sebagai modal penting lantaran estafet pemerintahan tak diwarani kegaduhan yang memberi dampak negatif pada perekonomian.

“Ini modal, bagaimana ini bisa mendorong perekonomian sangat bergantung pada pengambil keputusan nanti. Apakah akan business as usual, hanya merespons yang ada di global, maka stabilitas hanya akan terjadi di sektor keuangan, tapi riil melemah dan kita harus bersiap pada pertumbuhan ekonomi yang tidak membawa arah baik pada Indonesia Emas,” pungkas Eko. (Z-11)

Cek Artikel:  Tokopedia Bawa Produk Fashion dan Batik Pasar Beringharjo Masuk Pasar Berdaya Digital

Mungkin Anda Menyukai