Berikut Fitur AI Reno12 Series, Ponsel GenAI OPPO Terbaru

Berikut Fitur AI Reno12 Series, Ponsel GenAI OPPO Terbaru
Oppo Reno12 5G(Dok.Oppo)

OPPO resmi meluncurkan dua smartphone yang dibekali artificial intelligence (AI) terbaru yaitu Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G. Kedua perangkat disebut menjadi langkah pertama OPPO dalam mengadopsi AI Phone.

Awal tahun ini, OPPO mengumumkan komitmennya untuk membawa kemampuan AI ke lebih banyak orang dengan bergabung bersama Google, Microsoft, MediaTek, Qualcomm, dan mitra lainnya untuk mempercepat kehadiran generasi baru AI Phone. Oppo Reno 12 Series menjadi gawai terobosan yang memiliki fitur GenAI untuk penggunaan sehari-hari.

Berdasarkan keterangan resmi OPPO, serangakaian fitur di Reno12 Series meliputi AI Eraser 2.0. Fitur ini membuat pengguna dapat dengan mudah menghapus orang lain di foto dengan sekali sentuh berkat kemampuan mengidentifikasi orang dan objek yang tidak diinginkan secara otomatis. Lewat, ada AI Clear Face memastikan setiap orang dalam foto grup mendapatkan detail definisi tinggi seperti kontur wajah, rambut, dan alis. 

Baca juga : Aneka Fitur Galaxy AI di S23 Series

Sementara itu, AI Best Face dapat secara otomatis mengidentifikasi orang di foto dengan mata yang berkedip dan menggunakan teknologi GenAI canggih untuk memperbaikinya. AI Studio dapat membuat avatar digital hanya dari 1 foto pengguna, seperti tema koboi, cyberpunk, dan lainnya dengan memanfaatkan kemampuan GenAI.

Cek Artikel:  Ini Spesifikasi OPPO Reno 12 Pro 5G, Ponsel Mid-Range Elegan dengan Performa Mengesankan

Reno12 Series juga memanfaatkan kekuatan AI untuk membawa efisiensi dan kreativitas. Dibangun dengan model Google Gemini (LLM), AI Toolbox memanfaatkan kemampuan pengenalan yang kuat untuk memahami konten yang ditampilkan di layar dan merekomendasikan fitur AI yang sesuai, seperti pembuatan konten media sosial atau ringkasan konten untuk artikel panjang. Pengguna dapat menggunakan AI Recording Summary yang mampu menghasilkan ringkasan teks dari rekaman suara dan mengorganisasikannya menjadi catatan dengan informasi seperti daftar tugas, waktu, lokasi, dan detail lainnya.

Reno12 Series juga dilengkapi sensor Sony LYT-600 dengan autofocus omnidirectional full pixel dan OIS yang menawarkan pemfokusan yang lebih cepat dan stabil untuk bidikan yang lebih jelas. Kedua perangkat ini juga dilengkapi Mode Portrait dengan zoom hingga 2x untuk memudahkan pengambilan portrait bokeh.

Baca juga : Manfaat dan Tantangan AI dalam Pendidikan Serta Strategi Mengatasi Plagiarisme

Reno12 Pro 5G membawa pengalaman portrait profesional lebih jauh dengan Kamera Portrait Telefoto 50MP yang menawarkan zoom optik hingga 2x dan Kamera Selfie 50MP dengan autofocus dan efek AI Portrait Retouching untuk penyesuaian fitur wajah seperti bentuk wajah, garis rambut, tulang pipi, dan lainnya saat mengambil selfie secara real-time.

Cek Artikel:  Honor of Kings Hadirkan Pembaruan Hero, Event, hingga Skin Baru

Reno12 Series menampilkan Flash Snapshot yang ditingkatkan untuk menyesuaikan proses eksposur kamera dengan lebih cepat, memungkinkan foto untuk menangkap efek pencahayaan yang lebih realistis dan warna kulit yang alami. Video 4K 30fps juga tersedia pada kedua kamera belakang dan depan untuk video detail tinggi dengan resolusi ultra jernih.

Reno12 Series adalah smartphone pertama yang dilengkapi dengan platform mobile MediaTek Dimensity 7300-Energy 4nm. Dikembangkan bersama oleh MediaTek dan OPPO untuk memberikan efisiensi daya yang luar biasa, platform octa-core baru ini terdiri dari 4 inti performa tinggi A78 dan 4 inti efisiensi tinggi A55. Kolaborasi antara OPPO dan MediaTek pada Dimensity 7300-Energy juga telah menghasilkan terobosan dalam performa memori dan penyimpanan SoC melalui ColorOS Trinity Engine terbaru.

Baca juga : UKI Gandeng USC Dirikan AI Center untuk Cetak Bakat Digital Masa Depan

Cek Artikel:  Waktu Benar Menyaksikan Hujan Meteor Perseids Pahamn Ini

Dengan menggunakan model AI untuk mengidentifikasi kebiasaan pengguna saat ini, teknologi CPU-Vita yang diperbarui dari Trinity Engine dapat secara tepat mengalokasikan sumber daya SoC, mencapai konsumsi daya yang lebih rendah dengan stabilitas dan kelancaran sistem.

Teknologi RAM-Vita meningkatkan pemanfaatan RAM untuk mempercepat kecepatan membuka aplikasi dan beralih antar aplikasi, menjaga aplikasi di latar belakang aktif selama 72 jam tanpa kendala. RAM Expansion juga tersedia untuk mengonversi 12GB penyimpanan menjadi RAM sementara yang memberikan performa tambahan kapan pun dibutuhkan.

Terakhir, teknologi ROM-Vita mampu melakukan kompresi lossless pada aplikasi yang jarang digunakan dan mengelola file duplikat untuk mengurangi penggunaan penyimpanan yang tidak diperlukan, menghasilkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk file pengguna dan kecepatan baca/tulis memori yang lebih cepat.

Eksispun mengenai harga, Reno12 Pro 5G dengan konfigurasi memori 12GB/512GB dibanderol seharga Rp8.999.000. Sedangkan untuk perangkat Reno12 5G dengan konfigurasi memori 12GB/512GB dijual seharga Rp7.999.000 dan untuk varian 12GB/256GB dijual seharga Rp6.999.000. (Z-7)

Mungkin Anda Menyukai