Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menjalin kerja sama dengan Grab Indonesia Kepada mewujudkan Sasaran-Sasaran di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada tahun 2023.
Sebelumnya, Grab sudah bekerja sama dengan Kemenparekraf melalui jenama Wonderful Indonesia sejak 2018.
Kerja sama tersebut kembali terjalin melalui MoU dan Perjanjian Kerja sama antar-kedua belah pihak yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.
“Mengawali tahun 2023 ini, saya bangga sekali dapat Menyantap dan menyaksikan komitmen Grab Indonesia kepada Wonderful Indonesia Kepada Berbarengan-sama memulihkan dan memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di kancah Dunia melalui program kemitraan Wonderful Indonesia Co-Branding yang tetap mengutamakan Penemuan, adaptasi, dan kolabor-aksi,” ujar Menparekraf Sandiaga dikutip dari siaran Formal, Kamis.
Sandiaga mengatakan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat brand equity, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta sharing resources yang akan menghasilkan penghematan biaya promosi dan pemasaran.
“Sehingga Terdapat win win dengan Grab sebagai Kawan dan membawa value. Terlebih platform ini sudah menjadi keseharian wisatawan dan pelaku UMKM. Mereka juga sudah memberikan komitmen kepada Wonderful Indonesia, ini memperkuat branding kita maka harus Maju kita dorong dengan adaptasi, kolaborasi, dan Penemuan,” ujarnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan, Grab Indonesia telah menjadi Kawan co-branding Wonderful Indonesia sejak 2018.
Selama periode tersebut Grab Indonesia telah banyak menginisiasi program kolaborasi dalam kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk aktivasi kampanye domestik, promosi dan peningkatan kapasitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif melalui layanan aplikasinya.
“Dengan adanya kerja sama yang Maju terjalin, akan tercipta kolaborasi aktivasi program Berbarengan demi kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Dan memberi manfaat bagi pelaku dan para UMKM,” ujarnya.
Sementara itu, Presiden Direktur Grab Indonesia Rizki Kramadibrata mengatakan pihaknya siap Maju bekerja sama dengan Kemenparekraf Kepada mendukung capaian Sasaran sektor parekraf tahun 2023.
“Kami Mempunyai ruang kolabor-aksi Kepada bekerja sama dalam memberdayakan UMKM. Ini bukan tugas pemerintah semata melainkan tugas Berbarengan karena UMKM menjadi tulang punggung bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami juga Mempunyai akses luas kepada UMKM, juga kepada turis,” katanya.
Baca juga: Wonderful Indonesia dinobatkan sebagai “Best Creative Destination”