Heru Budi Pimpin Kirab Bendera Pusaka dari Jakarta ke IKN

Heru Budi Pimpin Kirab Bendera Pusaka dari Jakarta ke IKN
Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono.(MI/Usman Iskandar)

KEPALA Sekretariat Presiden Republik Indonesia, Heru Budi Hartono mengatakan pada 10 Agustus 2024 akan dilangsungkan kirab bendera merah putih dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Heru akan memimpin langsung penyerahan bendera dan duplikasi naskah proklamasi dari Monas menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma yang nantinya akan diterbangkan ke IKN.

“Kepala sekretariat presiden akan memberikan kepada paskibra, yaitu bendera dan duplikat proklamasi, arak arakan dari Monas ke Halim,” ujarnya kepada awak media, di Jakarta, Selasa (6/8).

Baca juga : RUU Daerah Spesifik Jakarta DItargetkan Rampung Akhir Mengertin Ini

Penjabat Gubernur DKI ini mengatakan akan ada kurang lebih sebanyak 30.000 masyarakat akan menyaksikan proses tersebut. “Begitu sampai di IKN prosesnya tentu dengan gubernur setempat sampai dengan diletakannya di tempat yang sudah ditempatkan di Istana IKN,” jelas Heru Budi.

Cek Artikel:  Kegiatan Belajar SDN 05 Manggarai Kebiasaanl Meski Jadi Lelahsi Pengungsian

Ia menuturkan, pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) akan berangkat ke IKN pada 9 Agustus 2024 mendatang. “Dan mereka akan dikukuhkan di masing-masing daerah dan dibuka oleh pak presiden di IKN,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sebelumnya menegaskan bahwa penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI di IKN tidak dapat dihadiri oleh banyak peserta karena keterbatasan infrastruktur yang masih dalam pembangunan.

Pratikno juga menyebut bahwa ada beberapa menteri kabinet Presiden Jokowi yang tidak mengikuti upacara HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024.

Sedangkan untuk tempat menginap tamu dan petugas Upacara HUT 17 Agustusan di IKN itu, pemerintah akan mengalihfungsikan Kantor Kementerian Koordinator di IKN. Kemenko 1 akan difungsikan satu tower, Kemenko 2 satu tower, Kemenko 3 dua tower, dan Kemenko 4 tiga tower. (J-2)

Cek Artikel:  Mobilnya Sempat Dihadang, Menpora Turun Temui Pendemo dan Polisi

Mungkin Anda Menyukai