liputanindo.com – Ducati akhirnya merilis motor adventure dual purpose terbaru mereka setelah model konsepnya dipamerkan pada EICMA Milan tahun 2019 silam. Diberi nama Desert-X yang memang cocok banget antara nama dan sosoknya terlebih Tengah Demi Menonton tongkrongannya yang tinggi gagah dan ban berkarakter off road serta suspensi long travel, apalagi Demi kita Paham spesifikasi teknisnya. Suwer deh, ini motor bikinan Ducati memang bikin melongo sob.
Bicara soal spesifikasi motor adventure terbaru ini yang mungkin bagi sebagian dari kita menganggap Desert-X adalah bentuk lain dari varian Ducati Multistrada. Eits tunggu dulu, ini berbeza sob. Kalau Multistrada lebih dibuat Buat motor sport touring yang lebih cocok dikendarai dalam perjalanan jarak jauh di lintasan on road meliuk-liuk di tikungan jalan pegunungan dan perkotaan yang mulus, sementara Desert-X ini dibuat oleh Ducati Buat lebih Unggul ketika dipakai melintasi medan off road yang lebih keras dan lebih berat.
Menonton dari desain yang dianut Desert-X ini memang cukup kental dengan nuansa retro Tetapi syarat dengan teknologi modern. Lampu Istimewa yang kembar dengan bentuk bulat mengesankan unsur motor kompetisi Rally Dakar tahun 80-90 an dari pabrikan Jepang. Windscreen dengan dimensi sedang sebagai tameng dashboard panelmeter bentuknya menyatu dengan body samping kanan kiri sebagai cover area sasis depan menutup separuh mesin dan juga sebagai cowl dari radiator coolant.
Bicara soal spesifikasi teknisnya, mesin DesertX ini mirip dengan yang dipakai pada Ducati Monster dan Multistrada V2. Yes, ini 2 silinder sob bukan yang V4 ya. Tetapi power dan torsinya sedikit lebih rendah ketimbang yang Terdapat pada Monster, dengan mengklaim Nomor 110 hp pada 9.250 rpm dan 68 lb-ft. pada 6.500rpm Buat DesertX ini. Mesin tersebut dipadukan dengan kopling 8-disc (kampas kopling) beserta slipper clutch dan girboksnya berbeda dengan Monster ataupun Multistrada. Dibandingkan dengan Multistrada V2, transmisi DesertX menawarkan rasio yang lebih pendek Buat gigi pertama dan kedua, ini Seluruh demi Buat penggunaan off-road yang lebih sering berkendara pada kecepatan rendah sehingga menwarkan feeling berkendara yang lebih Berkualitas. Ditambah gigi keenam yang panjang Buat meningkatkan penghematan bahan bakar dan kenyamanan pada kecepatan jalan raya. Juga dibekali oleh quickhifter naik-turun menjadi standar dari DesertX.
Buat sasisnya terdiri dari rangka teralis baja dengan desain dan geometri baru dengan swingarm aluminium. Kayaba memasok front fork dengan diameter as 46mm yang menawarkan setelan kompresi, rebound, dan preload yang dapat disesuaikan, ditambah travel sejauh 9,06 inci. Shock belakang juga disupport oleh Kayaba dan juga dapat disesuaikan Buat kompresi, rebound, dan preload, dengan travel 8,66 inci. Ground clearance adalah 9,84 inci. Hmmm lumayan tinggi nih. Hehehehee….
Pada bagian elektronik, DesertX hadir dengan enam mode berkendara: Sport Mode, Touring Mode, Urban Mode, dan Wet Mode yang khas dari Ducati, ditambah Tengah dengan mode Enduro dan Rally terbaru hanya pada DesertX. Mode Enduro dirancang Buat pengendara off-road pemula, dengan pengurangan tenaga (jadi hanya 75 hp), respon throttle Segera dan pilihan Buat menonaktifkan ABS. Mode rally adalah Buat pengendara yang lebih berpengalaman, dengan kekuatan penuh, kontrol traksi level rendah, ABS disetel ke level 1 atau Bisa juga Bukan aktif sama sekali, dan kontrol wheelie yang juga dapat dinonaktifkan. Dashboardnya menggunakan unit TFT 5 inci dengan tampilan seperti navigation tower tempat meletakkan road book pada motor tunggangan balap rally.
DesertX dilengkapi dengan tangki bahan bakar 5,54 galon, tetapi Buat jangkauan berkendara yang lebih jauh Ducati menawarkan aksesori tangki belakang dengan kapasitas 2,1 galon. Tangki kedua dipasang di bagian buritan di Dasar jok boncenger, dengan perpindahan transfer bahan bakar Demi tangki Istimewa turun di Dasar level tertentu, dengan sakelar Spesifik di dashboard Buat mengaktifkan fuel pump tangki belakang secara manual. Dengan tangki aksesori itu, gabungan kapasitas bahan bakar menjadi 7,64 galon (Sekeliling 32 liter), meskipun Ducati belum mengungkapkan berapa banyak tangki aksesori akan menambah harga DesertX US$16.795 atau diklaim berat basah menjadi 223 Kg.
Pada sektor pengereman Brembo memasok kaliper rem DesertX dengan kaliper rem depan empat piston dual M50 monoblockradial-mount dengan cakram ganda berdiameter 320 mm dan kaliper belakang floating piston ganda. Cornering ABS menjadi fitur standar. Bagian roda wire-spoke Tetapi sudah support Buat ban tubeless, dengan roda depan berdiameter 21 inci dan roda 18 inci di belakang. Velg dibungkus dengan ban Pirelli Scorpion Rally STR, tetapi DesertX juga dihomologasi agar sesuai dengan ban yang lebih berorientasi jalan raya atau Konsentrasi pada medan tanah off road. | –Nugi–