Kampanyekan Menu Seafood, Lamongan Gelar Festival Gandrung Rajungan

Kampanyekan Menu Seafood, Lamongan Gelar Festival Gandrung Rajungan
Festival Rajungan digelar Pemkab Lamongan untuk mengenalkan hasil laut wilayah itu.(MI/M Yakub)

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur, menggelar festival gandrung rajungan di Desa Blimbing, Kecamatan Paciran, Rabu (21/8). Festival ini sebagai upaya Pemkab untuk mempromosikan hasil kekayaan lautnya yang melimpah.

Bahkan, rajungan tangkapan nelayan setempat telah diekspor ke sejumlah negara. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan festival ini sudah menjadi agenda rutin tahunan yang digelar oleh masyarakat Pantura.

Baca juga : Lamongan Mulai Waspadai Kekeringan

Menurut dia, festival ini juga menegaskan bahwa potensi sari laut yang dimiliki Kabupaten Lamongan melimpah. ” Festival yang diinisiasi langsung oleh masyarakat, menegaskan bahwa Paciran, Brondong dan sekitarnya kaya akan sari laut, terutama rajungan,” jelas Yuhronur seusai membuka Festival di Balai Desa Blimbing.

Cek Artikel:  50 Member DPRD Klaten Terpilih Hasil Pileg 2024 Dilantik

Selain itu kegiatan ini juga, lanjut dia, sebagai sarana menampilkan maupun kampanye ragam olahan rajungan yang di miliki masyarakat pesisir pantura Lamongan. “Ini menjadi bagian kuliner khas Lamongan,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Pak Yes menambahkan potensi sari laut, rajungan, hingga olahan rajungan dipastikan dapat membawa dampak positif dalam perkembangan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Aruna Berkontribusi dalam Perbaikan Perikanan Rajungan di Kalimantan Timur 

Menurut data dari Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, pada 2024 potensi rajungan mencapai 54.000 kilogram setiap bulannya. Sedangkan untuk harga rajungan, saat ini menempati angka Rp55 ribu sampai dengan Rp60 ribu per kilogram di tingkat nelayan.

Cek Artikel:  Dieng Culture Festival Formal Dibuka, Peredaran Dana Diperkirakan Mencapai Rp50 Miliar

Karena banyak diminati, rajungan Kabupaten Lamongan telah berhasil mengekspornya ke Amerika Perkumpulan, Prancis, Asia, dan lainnya.

Festival ini juga dijadikan ajang untuk menunjukkan potensi olahan dari sari laut Lamongan. Salah satunya ialah rajungan, yang olahannya digemari oleh para pecinta seafood.

Baca juga : DBHCHT Tingkatkan Potensi Tanam Tembakau Lamongan 2023

Kemeriahan festival yang berlangsung selama satu hari ini, diwarnai dengan aksi ibu-ibu anggota PKK Blimbing yang unjuk kebolehannya dalam mengolah rajungan.

Pemenang lomba masakan rajungan Hamidah mengatakan, melalui lomba memasak ini masyarakat dapat mengekspresikan inovasi mengolah sari laut. “Hari ini saya masak menu dimsum rajungan, tentu senang sekali bisa mengekspresikan inovasi mengolah sari laut,” pungkasnya.(N-2)

Cek Artikel:  1 Dasa warsa Jalan Tol Trans Sumatra Membangun Daerah

 

Mungkin Anda Menyukai