Pensiunan TNI Karo Bangun Paguyuban Pengembangan Budaya

Pensiunan TNI Karo Bangun Paguyuban Pengembangan Budaya
Perkumpulan masyarakat adat Karo resmikan Karo Foundation(MI / Yakub Pratama Wijayatmaja)

KETUA Standar Karo Foundation Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun resmi mendeklarasikan pendirian Yayasan Pengembangan Budaya Karo Simalem (Karo Foundation) di Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, pada Minggu (15/9).

Karo Foundation adalah inisiatif gotong royong yang bertujuan untuk mengoptimalkan semua potensi yang ada di Karo, terutama dalam upaya menggali kembali Peradaban Karo.

“Tadi seperti amanat yang saya sampaikan, Deklarasi ini adalah tentang keterpanggilan dari kita-kota diaspora Karo yang ada di Jakarta, Medan dan mungkin diaspora yang lain tentang bagaimana kita ikut terlibat partisipatif tentang pembangunan di daerah,” jelas Musa Bangun pada acara tersebut.

Baca juga : Eksekutor yang Begal Motor Pensiunan TNI di Bekasi Diringkus

Cek Artikel:  Kebakaran di RS Pusat Pertamina Nihil Korban Jiwa

“Kita memang di Jakarta tapi umumnya diaspora ini punya kemampuan lebih baik pastinya, minimal punya jaringan, punya networking yang mungkin bisa menjadi fasilitator untuk kepentingan pembangunan di daerah,” tambahnya.

Musa menambahkan bahwa pihaknya akan berperan dalam membantu pemerintah daerah untuk menjembatani hubungan dengan berbagai pihak, seperti investor, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat.

Rencananya, Karo Foundation akan fokus pada pembangunan sumber air bersih di kota Kabanjahe, Kabupaten Karo. Musa menjelaskan bahwa hingga saat ini, jaringan air dan sumber air di Kabanjahe masih berasal dari era Belanda.

Baca juga : Wedding Batak Exhibition 2024 Merayakan Budaya Batak dan Menginspirasi Generasi Muda di Jakarta

Cek Artikel:  Pj Gubernur Kaltim Intruksikan Dinkes Sediakan Posko Kesehatan MTQ

“Jadi kita pikir untuk mempercepat daripada menunggu program pemerintah, kalau kita (Karo) Foundation ini bisa membantu pemerintah daerah, kenapa tidak. Jadi kita akan segera melakukan itu,” ujar Musa.

Selain itu, Musa juga menyoroti program penggalangan Biaya Langgeng yang bertujuan untuk mengumpulkan pendanaan serta memadukannya dengan usaha guna pelaksanaan program secara mandiri, cukup, dan berkelanjutan.

“Kita bisa mengidentifikasi banyak sekali tokoh-tokoh Karo yang sukses dan menempati posisi strategis di pemerintahan, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, maupun komunitas masyarakat sipil. Kepada itu, kita mengundang kontribusi dalam bentuk pendanaan agar program-program yang dicanangkan ke depan bisa dilaksanakan,” ungkap Musa.

“Jadi, kita mau mengubah orientasinya, kontribusi dana ini bukan untuk mendanai program per program, tetapi keuntungan penempatan dana abadi yang dikelola untuk membiayai program supaya berkelanjutan,” papar Musa. (Z-8)

Cek Artikel:  Menjaga Pola Hidup Bersih Bisa Bantu Anda Terhindar dari Mpox

Mungkin Anda Menyukai