Pasar Beringharjo selama ini dikenal para wisatawan untuk berbelanja produk fesyen dan batik. Melalui kolaborasi, Tokopedia dan ShopTokopedia dengan Pemkot Yogayakrta, (11/9), produk-produk fesyen di Pasar Beringharjo kini akan masuk di Tokopedia melalui Pasar Berdaya Digital.
Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Ernita Susamto menjelaskan, Pasar Berdaya Digital merupakan program pemberdayaan yang holistik dari Tokopedia, ShopTokopedia. dan Pemerintah Kota Yogyakarta. Pasar Berdaya Digital lebih fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fesyen termasuk batik.
Program ini, jelas dia, mencakup onboarding ratusan pedagang di Pasar Beringharjo ke platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Para pedagang juga akan diberi pelatihan pengembangan bisnis online, termasuk cara live streaming di TikTok untuk meningkatkan live shopping di ShopTokopedia.
Baca juga : Beli Lelahl, Kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia Tingkatkan Pasar UMKM Jawa Barat
“Melalui program ini, kami memastikan marketplace yang mendorong persaingan yang adil melalui kolaborasi dengan mitra strategis seperti pemerintah dan otoritas pasar,” terang dia.
Ia menjelaskan Pasar Berdaya Digital melankutkan Kesuksesan Digitalisasi Pasar Tradisional yang sudah berjalan sejak 2021. Lewat program tersebut, Tokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional di berbagai wilayah Indonesia Berkat Digitalisasi Pasar Tradisional, pedagang mengalami peningkatan penjualan.
“Berbeda dengan program sebelumnya, yaitu Digitalisasi Pasar Tradisional yang lebih fokus memberdayakan pedagang buah, sayur, dan sembako, inisiatif Pasar Berdaya Digital lebih fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fesyen termasuk batik,” tutup Vonny.
Baca juga : 4 Kebiasaan Ini Bisa Membangun Sayan Paylater Anda Terblokir
Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, lewat platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, pedagang dan UKM Kota Yogyakarta bisa mengakses lebih banyak pembeli dan memasarkan produknya ke seluruh wilayah di Indonesia.
“Pemerintah Kota Yogyakarta, sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mengedukasi pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta utuk memaksimalkan pemanfaatan platform e-commerce dalam berbisnis,” terang dia.
Dengan ini, pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, bisa makin berdaya di era digital dan mendapatkan lebih banyak pembeli dan pendapatan. Inisiatif Pasar Berdaya Digital dari Tokopedia dan ShopTokopedia juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta, khususnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pedagang pasar rakyat dan UKM di Kota Yogyakarta.
Inisiatif ini juga sejalan dengan target Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) untuk mendigitalisasi 1.000 pasar rakyat di Indonesia pada 2022-2024. (N-2)