Hino Serahkan Bus Baru PO Bintang Zahira dan Gelar Road Test

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dealer resmi Hino untuk wilayah Sulawesi Selatan PT Kumala Motor Sejahtera (KMS) menggelar upacara serah terima 2 unit Hino Bus RM 280 ABS kepada PO Bintang Zahira Trans. 

Upacara serah terima unit ini dilakukan oleh COO – Director HMSI Santiko Wardoyo dan Direktur Primer Kumala Grup Erick Tandiawan, kepada Direktur PO Bintang Zahira Trans Enggakwana, Direktur Operasional Rahmat. 

Armada terbaru dari PO Bintang Zahira ini akan melayani rute dari Makassar ke Malili dengan kelas super executive di mana terdapat 9 kursi single dan 16 kursi double yang sangat nyaman karena sudah dilengkapi legrest untuk kenyamanan selama perjalanan jauh. 

Baca juga : 7 Rumah Eksist Sulawesi Selatan, Lagi Dilestarikan Hingga Kini

Dua unit terbaru PO Bintang Zahira hadir dengan warna dasar biru dan unit lainya menggunakan warna dasar merah hati. Keduanya turut disematkan grafis livery modern yang menambah daya tarik selama perjalanan.
 
Selain penyerahan unit bus, turut digelar acara road test Hino Bus RM 280 ABS milik PO Bintang Zahira yang menggunakan bodi Skylander R22 dari karoseri New Armada. Acara road test ini digelar bagi pelanggan agar bisa merasakan secara langsung spesifikasi dan fitur baru pada bus Hino RM 280 ABS Euro4. 

Cek Artikel:  Bahaya Aki Motor Rusak, Hati-hati Mesin Pandai Wafat Mendadak

Event ini turut mengundang para Pengusaha Otobus (PO) di daerah Sulawesi Selatan yang diikuti oleh 21 pengusaha otobus yang bergerak di bidang transportasi dan pariwisata.

Memulai titik keberangkatan dari Jl Perintis Kemerdekaan, kota Makassar menuju Permata Resort Bili-Bili, Kabupaten Gowa (PP), bus ini melewati tol Tallo Timur hingga Ujung Selatan Tol AP Pettarani. Setelah itu menuju kearah Permata Resort Bili-Bili. 

Baca juga : Golongan Rentan di Sulsel Dirikui Krusialnya BPJS

Rute sejauh 43 km tersebut merupakan kombinasi jalan menajak, menurun, jalan lurus dan tol untuk menggambarkan secara langsung bagaimana performa dan kenyamanan bus tersebut.
 
Hino Bus RM 280 ABS menggunakan wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang, dan sasis space frame untuk desain bagasi yang tembus dengan kapasitas volume ±9.000 liter sehingga ruang bagasi penumpang bisa lebih banyak bahkan dapat memuat sepeda motor.

Cek Artikel:  Wuling Torehkan Catatan Positif di Segmen EV

Roda bus juga menggunakan 10 baut roda sistem iso sehingga lebih kuat menahan beban kendaraan. Sementara untuk pengereman, Hino Bus dilengkapi Auto Slack Adjuster yang secara otomatis mempertahankan jarak standar antara kampas rem dan tromol secara mekanis.

“PO Bus di Sulsel membutuhkan mesin yang bertenaga dan sasis yang kukuh, karena harus melewati medan jalan yang lebih menantang. Buat itu, Hino Bus RM 280 hadir dengan mesin yang bertenaga ditambah lagi dengan sistem air suspension yang menambah kenyamanan bus, di mana ini sangat diutamakan oleh para pengusaha bus di sini bagi kenyamanan penumpangnya selama perjalanan,” terang COO – Director HMSI Santiko Wardoyo. 

Cek Artikel:  Toyota Sediakan 3.374 Unit Mobil Listrik di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Baca juga : 2 Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi Ditangkap

Hino Bus RM 280 juga dilengkapi Hino Connect, yaitu layanan telematik bagi konsumen untuk memonitor operasional armada kendaraannya. Hino Connect terdapat fitur Route Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien. 

Selain itu ada fitur Driver Assignment dan Score Card untuk pengemudi yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar, karena fitur ini dapat melihat perilaku pengemudi dalam berkendara sehingga menurunkan resiko kecelakaan dan melindungi asset milik pelanggan.

“Kami memahami bahwa uptime bus sangat penting bagi bisnis pelanggan, dan kami ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan layanan yang cepat karena kami memiliki 8 jaringan yang siap membantu baik itu servis dan suku cadang di Makassar, Pare-Pare, Gowa, Sidrap, Palopo, Veteran, Bone hingga Bulukumba,” tutup Santiko. (RO/S-3)

Mungkin Anda Menyukai