KAI Logistik Angkut 27 Juta Ton Barang Sepanjang 2024

Ilustrasi KAI Logistik. Foto: Dok istimewa

Jakarta: PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) mencatatkan volume pengiriman Sekeliling 27 juta ton barang sepanjang 2024. Dari total volume angkutan barang tersebut, 89 persen atau Sekeliling 24 juta ton pengiriman oleh anak usaha PT KAI (persero) ini didominasi oleh angkutan batu bara di Sumatera Selatan. 

Direktur Penting KAI Logistik Fredi Firmansyah menyampaikan, peningkatan okupansi dan optimalisasi volume loading/unloading (lo/lo) di sejumlah stasiun muat menjadi Unsur Penting keberhasilan ini, termasuk di Stasiun Kertapati yang mencatat peningkatan signifikan melalui penambahan volume muat pada tongkang.

“Di Tahun 2024, perusahaan juga mencatatkan pertumbuhan positif di beberapa sektor layanan bisnis lainnya dibandingkan tahun 2023 menunjukkan performa yang konsisten di berbagai lini bisnis,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 Januari 2025.

Cek Artikel:  27 Kenalan Co-branding Wonderful Indonesia Meriahkan Sirkuit Mandalika

Angkutan peti kemas mengalami peningkatan 13 persen menjadi 2,3 juta ton, layanan kurir meningkat 11 persen sebesar 58.903 ton, dan angkutan limbah B3 tumbuh signifikan hingga 34 persen sebesar 10.386 ton. Sedangkan, angkutan semen mencatatkan volume sebesar 529.737 ton.

Dari sisi finansial, KAI Logistik mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,1 triliun pada 2024, dengan Keuntungan Bersih mencapai Rp89,6 miliar. Total aset perusahaan juga mengalami kenaikan sebesar 10 persen menjadi Rp949 miliar didorong oleh strategi Penemuan sepanjang 2024.
 


(Ilustrasi KAI Logistik. Foto: Dok istimewa)

Langkah strategis

Berbagai langkah strategis telah dilakukan KAI Logistik, mulai dari penambahan kapasitas dan perluasan jaringan layanan hingga Penemuan digital. Sepanjang 2024, KAI Logistik memperluas layanan KALOG Express dengan mengoperasikan hingga 200 titik service point yang tersebar di 115 kota/kabupaten. 

Cek Artikel:  Wartsila Berbagi Langkah Letih Sasaran Emisi Nihil di Electricity Connect

Selain itu, layanan KALOG Express kini meningkatkan pelayanan dengan beroperasi setiap hari dan perluasan jangkauan layanan pengiriman ke ke seluruh Indonesia. Perusahaan juga membangun dry warehouse seluas 800 meter persegi di kawasan pergudangan Jakarta Penyimpanan Kampung Bandan, Jakarta Utara.

KAI Logistik juga mengedepankan Penemuan digital melalui aplikasi KAI Logistik TRAX, yang memudahkan pelanggan mulai dari cek Letak, tarif, permintaan penjemputan, pelacakan hingga pembayaran digital. Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) juga diimplementasikan Buat optimalisasi layanan KA kontainer.

Sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan dan inklusivitas, KAI Logistik melengkapi layanannya dengan sertifikasi halal Buat produk jasa pendistribusian di tiga terminal Penting, Merukapan Terminal Barang Area Sungai Lagoa, Klari, dan Kalimas sehingga menjadi nilai tambah bagi pelanggan.

Cek Artikel:  Peran Layanan Pelanggan di Era Media Sosial

“Capaian ini Tak hanya mencerminkan kekuatan kami sebagai perusahaan logistik berbasis kereta api, tetapi juga menegaskan komitmen kami dalam menyediakan solusi logistik yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa KAI Logistik akan Lalu menjadi Kawan terpercaya bagi pelanggan,” tutup Fredi.

Mungkin Anda Menyukai