Sejarah Selandia Baru, Maori dan Kiwi, serta Ekonomi

Sejarah Selandia Baru, Maori dan Kiwi, serta Ekonomi
Pemakaman Raja Maori di Selandia Baru.(Dok Al-Jazeera)

PENGARUH Inggris dan Polinesia mengalir melalui Selandia Baru yang indah, negara kepulauan di Samudra Pasifik di tenggara Australia. Pemukim Maori awal menyerahkan kedaulatan kepada penjajah Inggris melalui Perjanjian Waitangi pada tahun 1840, dan pemukim Eropa membanjiri wilayah tersebut.

Demi ini, 70% orang Kiwi, istilah umum untuk penduduk Selandia Baru yang diambil dari nama burung asli yang tidak bisa terbang, ialah keturunan Eropa. Rasa bangga telah melonjak di antara orang Maori, pemukim pertama negara tersebut yang kini berjumlah sekitar 14%, karena keluhan tentang tanah air mereka semakin terbuka.

Meskipun raja Inggris tetap menjadi kepala negara, Selandia Baru telah beroperasi di bawah demokrasi parlementer independen yang dipimpin oleh seorang perdana menteri sejak kemerdekaannya pada 1907. Pada 2017, Perdana Menteri Jacinda Ardern memimpin partai Buruh progresif menuju kemenangan dan menjadi pemimpin perempuan termuda di dunia.

Cek Artikel:  Pelapor Spesifik PBB Kejahatan Israel Tercatat, Rezim Harus Dihukum

Baca juga : Sejarah Singkat Jepang dan Perkembangannya

Mayoritas penduduk Selandia Baru terkonsentrasi di pulau utara. Nyaris sepertiganya tinggal di Auckland saja. Tetapi, kepadatan penduduk yang rendah dan populasi yang tersebar memungkinkan penjelajahan yang damai di pegunungan yang mengesankan dan pantai-pantai murni yang terkenal dalam trilogi film Lord of the Rings.

Selandia Baru mengalami pertumbuhan dan transformasi yang mengesankan dalam beberapa dekade setelah kemerdekaan. Pasar ekspor, yang berlimpah dengan susu, domba, daging sapi, unggas, buah, sayuran, dan anggur, dibuka di luar Inggris, dan manufaktur serta pariwisata diperluas. Pendapatan per kapita tetap tinggi dan pengeluaran pendidikan sebagai persentase dari produk domestik bruto termasuk yang tertinggi di dunia.

Cek Artikel:  Trump Dukung Formalisasi Ganja untuk Rekreasi di Florida

Semangat dan budaya Kiwi dipersonifikasikan oleh penduduk asli terkemuka seperti Sir Edmund Hillary yang pertama kali mendaki Gunung Everest pada 1953 dan Lord Rutherford yang membelah atom. Loncat bungee, perahu jet Hamilton, peluit wasit, dan daging beku juga merupakan hasil karya orang Selandia Baru.

Baca juga : 87 Negara Terbaik Dunia pada 2023, Indonesia Nomor Berapa?

Sejak 1980, Selandia Baru telah menjadi zona bebas nuklir. Negara ini merupakan pemimpin dalam pemeliharaan perdamaian dan keamanan global serta menjadi anggota organisasi-organisasi internasional utama, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik, dan Lembaga Kepulauan Pasifik. US News memasukkan Selandia Baru sebagai negara terbaik kedelapan di dunia pada 2023.

Cek Artikel:  Inggris Handalkan 30 Izin Ekspor Senjata ke Israel

Data 

Ibu kota: Wellington.

Kawasan: Oseania.

Baca juga : 10 Negara dengan Peraih Medali Terbanyak Olimpiade sejak 2000

PDB per kapita, PPP: US$51.967.

PDB: US$247 miliar.

Jumlah penduduk: 5.124.100.

Luas wilayah: 268.838 km persegi. (Z-2)

Mungkin Anda Menyukai