Sekilas Sejarah Stasiun Jakarta Kota dan Kini

Sekilas Sejarah Stasiun Jakarta Kota dan Kini
Tukang ojek sepeda ontel tengah menunggu pelanggan di kawasan Stasiun Jakarta Kota, Selasa (27/02/2024).(MI/Usman Iskandar)

DI jantung hiruk-pikuk Kota Jakarta, Stasiun Jakarta Kota berdiri sebagai saksi bisu perjalanan sejarah bangsa. Lebih dari sekadar simpul transportasi, bangunan yang sering disebut Beos ini menyimpan kisah yang berlapis, menghubungkan era kolonial dengan masa kini. Setiap dindingnya berbicara, setiap sudutnya menyimpan memori yang mengundang rasa Terpukau.

Stasiun Jakarta Kota dirancang oleh arsitek Belanda, Frans Johan Louwrens Ghijsels, pada 1926. Pembangunan stasiun ini berlangsung hingga 1929, menggantikan bangunan lelet yang telah berdiri sejak 1887. Dengan gaya arsitektur Art Deco yang khas, stasiun ini memadukan estetika modern Eropa dengan elemen fungsional yang sesuai Demi iklim tropis Indonesia. Pada 8 Oktober 1929, stasiun ini diresmikan sebagai pusat transportasi Esensial Batavia.

Nama Beos sebenarnya berasal dari singkatan Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (BOS), meskipun perusahaan ini Tak terkait langsung dengan pengelolaan stasiun. Sejak awal, Stasiun Jakarta Kota telah menjadi simpul Krusial yang menghubungkan Jakarta dengan daerah lain di Pulau Jawa. Fungsinya Tak hanya sebagai tempat transit, tetapi juga sebagai motor penggerak urbanisasi hingga cagar budaya. 

“Stasiun ini menjadi penggerak Esensial urbanisasi di Jakarta, memungkinkan mobilitas penduduk dari dan ke kota Demi keperluan ekonomi, pendidikan, dan perdagangan,” kata Kepala Stasiun Jakarta Kota Tarmudi, Senin (20/1). Stasiun Jakarta Kota ialah karya yang menggabungkan keindahan estetika dan fungsinya sebagai stasiun. Fasad Esensial yang monumental, dengan lengkungan besar dan jendela kaca raksasa, memberikan kesan megah sekaligus modern. Rona Asal putih dengan aksen Arang-Arang menambah nuansa Kudus dan elegan.

Cek Artikel:  Skenario Pengamanan Debat Cagub-Cawagub Pilkada DKI

Di dalamnya, ruang tunggu yang dirancang lapang Demi menampung banyak penumpang dengan langit-langit tinggi menciptakan sirkulasi udara yang pas Demi iklim tropis. “Perencanaan interiornya dirancang Demi menampung banyak penumpang sekaligus, menjadikannya salah satu stasiun terbesar pada masanya,” tambah Tarmudi. 

Ribuan penumpang per hari

Sebagai salah satu stasiun tersibuk di Indonesia, Stasiun Jakarta Kota melayani ribuan penumpang setiap hari. Jam sibuk terjadi pada pagi hari Demi pekerja dan pelajar memulai aktivitas serta sore hingga malam Demi mereka kembali ke rumah. Pada akhir pekan dan musim liburan, volume pengunjung meningkat, terutama karena lokasinya yang strategis di dekat kawasan Kota Sepuh, pusat wisata bersejarah Jakarta.

Cek Artikel:  Viral Kontainer Melaju Musuh Arah di Tanjung Priok Jakut, Polisi Buru Sopir Truk Itu

Selain menjadi simpul transportasi, stasiun ini juga menjadi bagian tak terpisahkan dari wisata Kota Sepuh. Wisatawan lokal dan mancanegara menjadikannya titik awal Demi menjelajahi Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan berbagai atraksi lain di sekitarnya. Banyak pengunjung mengabadikan momen di depan fasadnya yang ikonis, menjadikan stasiun ini sebagai salah satu destinasi fotografi favorit.

Revitalisasi kawasan Kota Sepuh telah memberikan napas baru bagi Stasiun Jakarta Kota. Tarmudi juga menyampaikan bahwa berbagai kegiatan seperti festival seni, pameran budaya, dan lomba fotografi sering diadakan di kawasan ini, menjadikannya lebih dari sekadar tempat transit. “Wisatawan dapat merasakan suasana sejarah yang hidup, sembari menikmati modernitas yang hadir tanpa mengusik nilai-nilai warisan masa Lampau,” tambah Tarmudi. 

Sejak 1993, Pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambahkan sejumlah fasilitas modern seperti sistem tiket elektronik, Wi-Fi gratis, dan layar informasi digital, tanpa mengubah elemen arsitektur aslinya. Lift dan jalur akses Demi penyandang disabilitas juga telah ditambahkan, memastikan inklusivitas tanpa mengorbankan estetika.

Setiap perubahan harus melalui Mekanisme yang ketat Demi menjaga keaslian bangunan. Posisi stasiun yang berada di kawasan padat dan bersejarah menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan infrastruktur tambahan, seperti parkir atau jalur penghubung baru. Solusi yang dilakukan oleh Stasiun Jakarta Kota adalah melakukan renovasi dan integrasi secara bertahap Demi meminimalisasi gangguan. “Dengan mengatasi tantangan ini, Stasiun Jakarta Kota dapat Maju berkembang sebagai hub transportasi yang modern sekaligus mempertahankan statusnya sebagai warisan,” ujar Tarmudi. 

Cek Artikel:  Polri Kerahkan 4.730 Personel untuk Kondusifkan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Tak hanya itu, kolaborasi dengan komunitas dan organisasi memainkan peran Krusial dalam mempromosikan Stasiun Jakarta Kota sebagai destinasi wisata. Upaya ini melibatkan berbagai pihak yang Konsentrasi pada sejarah, budaya, pariwisata, dan pelestarian cagar budaya. Di antaranya bekerja sama dengan influencer Demi mempromosikan Stasiun Jakarta Kota melalui media sosial, promosi melalui Indonesia tourism board, kerja sama dengan komunitas, dan Lagi banyak Tengah.

Tarmudi mengatakan kolaborasi ini berhasil meningkatkan popularitas Stasiun Jakarta Kota sebagai destinasi wisata yang Tak hanya menarik bagi wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. “Pelibatan komunitas membantu melestarikan nilai sejarah bangunan ini, memastikan warisan budaya tetap hidup di tengah perkembangan,” kata Tarmudi. (Ant/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai