PSI Depok Minta Pemda Serius Bersihkan Sampah di Pinggir Jalan

PSI Depok Minta Pemda Serius Bersihkan Sampah di Pinggir Jalan
Pengendara melintas di dekat sampah yang menumpuk di trotoar di Jalan Raya Bogor, Jawa Barat(Antara/Yulius Satria Wijaya)

KETUA Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Depok Icuk Pramana Putra mengungkapkan pihaknya sudah rewel dan mengingatkan Pemerintah Kota Depok agar persoalan sampah ditangani secara serius.

“Pada prinsipnya, PSI sudah galak betul kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan atau DLHK. Ini karena pekerjaan sudah menahun, kita minta tangani secara serius,” ucapnya, Selasa (6/8).

Persoalan sampah di Depok seolah-olah bukan masalah serius. Terbukti tumpukan sampah terus menjamur di pinggir jalan. “Kami memandang pemerintah kota tak memiliki jurus menangani sampah yang kian membeludak di tepi jalan. Sampah itu seharusnya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.”

Baca juga : 30 Meter Gunung Sampah TPA Cipayung Depok Terbelah, Layanan Pengiriman Sampah Sementara Dihentikan

Cek Artikel:  Profil Singkat Cut Intan Nabila, Mantan Atlet Anggar yang Alami KDRT oleh Armor Toreador

Menurut dia, penanganan sampah tak hanya dilakukan di hilir, tapi berlaku juga di hulu. Tetapi, penanganan sampah di hulu atau di sumber justru belum berjalan dengan baik. “Solusi lain yang tak kalah penting, dilakukan, mereduksi sampah rumah tangga. Jadi dari rumah sudah memilah, ada hal-hal yang bisa didaur ulang dan bisa dimanfaatkan kembali. Tetapi sayang belum dilakukan,” katanya.

Permasalahan sampah dari hulu ke hilir adalah tugas pemerintah kota dan penanganan sampah tersebut jadi pekerjaan rumah atau PR pemerintah setempat.

Persoalan sampah, selain berupa tumpukan, juga menimbulkan bau busuk yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan, termasuk mengakibatkan munculnya penyakit. ” Penyakit yang disebabkan bakteri dari sampah, seperti keracunan makanan, infeksi kulit dan tetanus,” ucap Icuk. (J-2)

Cek Artikel:  Komunitas Korea Bekasi Berpartisipasi dalam Karnaval Perayaan HUT RI ke-79

Mungkin Anda Menyukai