Trump Ingatkan Donatur Yahudi jika Harris Terpilih

Trump Ingatkan Donatur Yahudi jika Harris Terpilih
Donald Trump.(Dok Al-Jazeera)

CALON presiden dari Partai Republik, Donald Trump, mengatakan kepada para donatur Yahudi bahwa mereka akan ditinggalkan jika Kamala Harris menjadi presiden.

Trump juga akan melarang permukiman baru pengungsi dari Gaza dan menangkap tindakan pro-Hamas yang terlibat dalam aksi vandalisme.

Meskipun Trump telah menguraikan beberapa proposal kebijakan Timur Tengah yang konkret, ia menggambarkan potensi jika Harris terpilih akan menjadi bencana besar bagi Israel.

Baca juga : Biden Sebut Netanyahu tidak Serius Ingin Gencatan Senjata Gaza

“Anda akan ditinggalkan jika dia menjadi presiden. Dan saya pikir Anda perlu menjelaskan hal itu kepada rakyat Anda. Anda tidak akan memiliki Israel jika dia menjadi presiden,” kata Trump dalam pidatonya di hadapan Koalisi Yahudi Partai Republik di Las Vegas.

Di bawah pemerintahan Trump dan Joe Biden, jumlah warga Palestina yang diterima di AS sebagai pengungsi sama banyak. Dari tahun fiskal 2017 hingga 2020, AS menerima 114 pengungsi Palestina, menurut data Departemen Luar Negeri AS, dibandingkan dengan 124 pengungsi Palestina pada tahun fiskal 2021 hingga 31 Juli tahun ini.

Cek Artikel:  Nornickel Rusia Kaji Dampak Denda Terbaru AS

Trump juga mengatakan universitas-universitas AS akan kehilangan akreditasi dan dukungan federal atas sesuatu yang ia gambarkan sebagai propaganda antisemitisme jika ia terpilih menjadi anggota Gedung Putih.

Baca juga : Minta Ampun, Netanyahu Tetap Keras Kepala Persulit Gencatan Senjata Gaza

“Perguruan tinggi akan dan harus mengakhiri propaganda antisemitisme atau mereka akan kehilangan akreditasi dan dukungan federal,” kata Trump berbicara dari jarak jauh di hadapan lebih dari 1.000 donatur.

Sebelumnya, aksi protes mengguncang kampus-kampus pada musim semi. Para mahasiswa menentang serangan militer Israel di Gaza dan menuntut lembaga-lembaga berhenti melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan yang mendukung Israel.

Partai Republik mengatakan protes tersebut menunjukkan beberapa anggota Partai Demokrat antisemit dan mendukung kekacauan. Grup-kelompok pengunjuk rasa mengatakan pihak berwenang secara tidak adil melabeli kritik mereka terhadap kebijakan Israel sebagai antisemitisme.

Cek Artikel:  Paus Fransiskus Serempak Tokoh Lintas Keyakinan Tanda Tangani Deklarasi Istiqlal

Baca juga : Senator AS Salahkan Iran atas Mortalitas Enam Tawanan Israel

Asosiasi Universitas Amerika, yang menyatakan mewakili sekitar 70 universitas terkemuka AS, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Di Amerika Perkumpulan, pemerintah federal tidak secara langsung mengakreditasi universitas tetapi berperan dalam mengawasi sebagian besar organisasi swasta yang memberikan akreditasi pada perguruan tinggi.

Tim kampanye Harris juga tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai pidato Trump. Kandidat presiden dari Partai Demokrat ini sangat membutuhkan dukungan kuat terhadap Israel dan menolak seruan dari beberapa anggota Partai Demokrat bahwa Washington harus mempertimbangkan kembali pengiriman senjata ke Israel karena banyak korban jiwa warga Palestina di Gaza.

Cek Artikel:  Arkeolog Amerika Tewas Setelah Bahtera Replika Terbalik di Laut Selama Ekspedisi

Tetapi dia menyerukan gencatan senjata di Gaza dan menyebut situasi sangat tragis di sana. Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan lebih dari 40.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di daerah kantong tersebut sejak serangan 7 Oktober 2023 yang dipimpin oleh Hamas.

Menurut penghitungan Israel, sekitar 1.200 warga Israel tewas dalam serangan mendadak itu dan sekitar 250 orang disandera. Serangan berikutnya di Gaza telah menyebabkan hampir seluruh 2,3 juta penduduknya mengungsi, menyebabkan krisis kelaparan dan menyebabkan tuduhan genosida di pengadilan dunia tetapi dibantah oleh Israel. (The Guardian/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai