Pesona Langit Tiongkok Berhias Aurora Borealis dan Bintang Anjlok

Pesona Langit Tiongkok Berhias Aurora Borealis dan Bintang Jatuh
Keindahan aurora borealis dan bintang jatuh di langit Tiongkok(Dok: bastillepost.com)

FENOMENA aurora borealis menghiasi langit kota paling utara di Tiongkok, Mohe, Provinsi Heilongjiang. Keindahan tersebut hadir dipicu oleh badai geomagnetik yang dahsyat dalam beberapa hari terakhir.

Rona-warni langit mulai terlihat pertama kali pada Minggu (11/8) malam waktu setempat hingga Senin (12/8) pagi. Menyatuan warna hijau, merah dan ungu menghadirkan keindahan langit yang memukau. Waktu puncak atraksi keindahan langit terjadi pada Senin malam dengan hadirnya hujan meteor Perseid.

“Bagian bawah aurora berwarna hijau, cahaya di bagian atasnya berangsur-angsur berubah mulai dari merah muda, ungu dan merah. Itu sungguh menakjubkan. Saya begitu beruntung bisa menyaksikan ini,” kata salah satu wisatawan seperti dikutip dari bastillepost.com, Kamis (15/8).

Cek Artikel:  12 Tempat Wisata di Bali Terbaru 2024 dan Viral

“Sangat jarang bisa menyaksikan aurora bersamaan dengan bintang jatuh. Saya tidak dapat menahan diri, melompat dan berteriak kegirangan,” imbuh wisatawan lain.

Aurora borealis terjadi disebabkan tumbukan partikel bermuatan yang diarahkan oleh medan magnet bumi. Fenomena ini dapat diamati di daerah dekat kutub utara bumi, karena itu kota paling utara di Tiongkok ini menjadi tempat terbaik di negara ini untuk mengamati keajaiban alam.(M-3)

Mungkin Anda Menyukai