5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kebahagiaan

5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kebahagiaan
Kebahagiaan adalah pilihan hidup yang melibatkan kondisi pikiran dan perasaan kesenangan serta ketentraman.(Freepik)

MENJADI bahagia adalah pilihan hidup setiap orang. Senang merupakan kondisi di mana keadaan pikiran atau perasaan kesenangan, ketentraman hidup secara lahir dan batin. Terdapat banyak makna soal kebahagiaan, tetapi kondisi ini akan selalu melibatkan hal positif dan kepuasan dalam hidup.

Kebahagiaan seseorang memang tak sama, untuk mencapai sebuah kebahagiaan setiap orang memiliki standar kebahagiaan yang berbeda-beda. Beberapa orang memang lebih bahagia dari yang lain. 

Lewat bagaimana cara untuk mendapat kebahagiaan itu? Berikut kami rangkumkan untuk anda kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat anda bahagia, simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca juga : Kuis Asik: Temukan Inisial Nama yang Membawa Kebahagiaan dalam Kasihmu!

Dilansir dari CNN, Lyubomirsky, profesor psikologi terkemuka di University of California, Riverside, telah mendalami  kebahagiaan selama lebih dari 35 tahun. Dia juga telah menulis beberapa buku tentang topik tersebut, termasuk “The How of Happiness: A New Approach to Getting the Life You Want.”

Sebagai konsep abstrak yang subjektif, kebahagiaan adalah topik yang sulit untuk dipelajari, Keadaan emosional sulit didefinisikan, apalagi diukur secara objektif.

Cek Artikel:  Dua Diaspora Perempuan Indonesia Hadirkan Matangan Khas Nusantara di Sydney

Lyubomirsky menjelaskan kebahagiaan itu memiliki dua komponen. Pertama pengalaman emosi positif dan komponen kedua adalah perasaan hidup anda baik-baik saja.

Baca juga : Ini Langkah Benar Buat Keluar dari Area Nyaman dan Akibatnya

Para peneliti mengukur komponen-komponen tersebut dengan bertanya kepada orang-orang seperti, “Seberapa sering Anda merasakan kegembiraan, ketenangan, atau rasa ingin tahu?” dan “Seberapa puas Anda dengan hidup Anda?” 

Beberapa aspek kebahagiaan dapat diukur dengan memeriksa struktur otak, fitur wajah, dan bahkan melakukan analisis suara. Menurut Lyubomirsky, alih-alih memiliki titik tetap kebahagiaan, individu memiliki rentang tertentu.

Kebiasaan apa yang anda dapat terapkan untuk meningkatkan kebahagiaan pada diri anda? 

Baca juga : Kebahagiaan tidak Selamanya dapat Dibeli dengan Doku

5 kiat meningkatkan kebahagiaan

1. Ikuti Arusnya

Terlibatlah dalam apa yang anda lakukan, ketika anda begitu asyik dengan kegiatan yang sedang anda lakukan sampai tidak menyadari waktu yang berlalu, saat itu anda berada dalam kondisi yang disebut ‘Flow’ yang dikaitkan dengan kegembiraan.  

Cek Artikel:  Orangtua, Ini Kunci Komuniksi dengan Gen Z Jangan Mudah Nge-judge

2. Lakukan Tindakan kebaikan Secara Acak

Bersikap baik kepada orang lain akan mendatangkan hal positif, hal tersebut akan membuat anda merasa murah hati dan mampu. Menimbulkan rasa syukur atas situasi anda dan hal itu akan memberikan anda rasa keterhubungan yang lebih besar dengan dunia. Enggakan kebaikan ini dapat dilakukan kepada teman atau orang asing, dapat dilakukan secara langsung maupun anonym, spontan atau direncanakan.

3. Pupuklah hubungan anda

Ketika berbicara tentang tingkat kebahagiaan, hubungan pribadi memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan uang, jabatan, atau bahkan kesehatan Anda. “Menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan pasangan, suami/istri, atau anak-anak, atau menghubungi kembali teman-teman lama adalah cara yang efektif untuk meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda dan orang lain,” kata Lyubomirsky. Investasi kecil ini dapat memberikan manfaat besar.

Baca juga :  Apa Penyebab Luka Hati Enggak Kunjung Pulih? Ini Kata Psikolog

Cek Artikel:  Kasih dan Duit, Tips Kelola Keuangan agar Bukan Menjadi Bumerang

4. Mengungkapkan Rasa Terimakasih

Mengekspresikan rasa syukur akan mendorong Anda untuk menghargai keberuntungan Anda dan membantu Anda melewati sisa hari atau minggu itu. Menghitung berkat-berkat Anda adalah cara yang bagus untuk menilai hal-hal positif dalam hidup Anda. Salah satu caranya meluangkan waktu untuk mempertimbangkan hal yang anda syukuri saat ini. Ide lainnya adalah dengan menelpon atau menulis surat ucapan terimaksih kepada orang penting dalam hidup anda yang belum pernah anda ucapkan terimakasih dengan baik.

5. Rayakan Berita Berkualitas

Membagikan keberhasilan dan prestasi kepada orang lain dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan. Berbagi dan bersukacita atas kabar baik membantu Anda menikmati dan menghayati saat ini, serta memperkuat hubungan dengan orang lain. Jangan ragu untuk merasa bangga  beri diri anda sendiri pujian, ingatkan diri Anda seberapa keras Anda telah bekerja untuk mencapai momen ini, dan bayangkan betapa terkesannya orang lain.

Itulah kebiasaan-kebiasaan  yang dapat membuat anda bahagia. Selamat mencoba! 

Mungkin Anda Menyukai